PENGARUH SERVICE QUALITY, FOOD QUALITY DAN WORD OF MOUTH COMMUNICATION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA PELANGGAN RUMAH MAKAN LAMUN OMBAK KHATIB SULAIMAN PADANG)

Authors

  • Yulya Putri Nirwana Universitas Bung Hatta
  • Dahliana kamener Universitas Bung Hatta
  • Reni Yuliviona Universitas Bung Hatta

Abstract

Selera masyarakat yang semakin tinggi membuat masyarakat mempertimbangkan keputusan pembelian untuk memilih produk yang akan ia makan, masyarakat dengan gaya hidup sekarang cendurung lebih berhati-hati dalam memutuskan makanan apa yang akan mereka beli. Semakin tinggi selera masyarakat maka semakin tinggi pula kriteria mereka dalam memilih produk yang akan mereka konsumsi. Teori dalam penelitian ini adalah tentang keputusan pembelian, service quality, food quality dan word of mouth communication. keputusan pembelian adalah tahap dalam proses pengambilan keputusan pembelian di mana konsumen benar-benar membeli [1]. Service quality merupakan upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta ketepatan penyampaiannya untuk mengimbangi harapan pelanggan [2]. kualitas makanan merupakan peranan penting dalam pemutusan pembelian konsumen, sehingga dapat diketahui bila kualitas makanan meningkat, maka keputusan pembelian akan meningkat juga [3]. Word of mouth adalah kegiatan pemasaran melalui perantara orang ke orang baik secara lisan, tulisan, maupun lewat alat komunikasi elektronik yang terhubung internet yang didasari oleh pengalaman atas produk atau jasa [4].

References

Kotler dan Amstrong. (2008). Prinsip Prinsip Pemasaran Jilid I. In Erlangga.

Tjiptono, F. (2012). Product and Price

Influence on Cars Purchase Intention in Malaysia. Research Journal of Interdisciplinary & Multidisciplinary Studies (IRJIMS) A Peer-Reviewed Monthly Research Journal.

Fiani, M., & Edwin, J. (2012). Analisa Pengaruh Food Quality Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganep ’ S Di Kota Solo. Jurnal Manajemen Pemasaran.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing Management. In Organization (Vol. 22, Issue 4).

Downloads

Published

2020-11-02