PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG ABG WATERPARK LUBUK MINTURUN
Abstract
Rekreasi merupakan salah satu kebutuhan yang sangat diminati oleh banyak kalangan. Oleh karenatu, pemasar saling berlomba membangun tempatrekreasi dengan mengusung konsep semenarikmungkin yang tujuannya tidak lain adalah untukmenciptakan kepuasan pengunjung. Kepuasanmerupakan salah satu pilar utama dalam keberlangsungan hidup perusahaan, dan tingkatkepuasan pengunjung dapat dilihat dari jumlahpengunjung yang berkunjung, karena pengunjungyang puas cendrung kembali melakukan kunjunganulang bahkan membawa calon pengunjung baru. Salah satu objek wisata di Kota Padang yangmenerapkan konsep yang berbeda dengan ojek wisataainnya yaitu tempat rekreasi ABG Waterpark yangberlokasi dijalan Balai Gadang, Kota Tangah, KotaPadang. Tujuan penelitian ini adalah untukmenganalisis pengaruh kualitas pelayanan, lokasi,dan promosi terhadap kepuasan pengunjung ABGWater Park Lubuk Minturun.References
Kotler, Philip, dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Zeithaml, Valerie A and Bitner, Mary Jo. 2009. Services Marketing. New York: The Mc.Graw Hill Companies, Inc
Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2008. Prinsipprinsip Pemasaran. Edisi. 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Fiatiano, Edwin. Tata Cara Mengemas Produk Pariwisata pada Daerah Tujuan Wisata. Jurnal Masyarakat, Kebudayaan dan Politik. 20(3):1-8
Sofyan, C., Sepang, J. L., dan Loindong, S. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen Pada Wht’s Up Café Manado. Jurnal EMBA. 7(3):4230-4240
Novarini, Ni Nyoman dan Anggraini, Ni Putu Nita. 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Citra dan Promosi terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung Pada Hidden Canyon Beji Guwang. Forum Manajemen. 15(2):110-117
Kotler, Philip. 2011. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Jilid II. Jakarta: Prehalindo
Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2011. Service, Quality and Satisfaction. Yogyakarta: Andi