ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN STUDIO FOTO DI KOTA PADANG

Authors

  • Rahmat Fajri Agus
  • Irwan Muslim
  • Helmawati

Abstract

Padang merupakan kota yang sedang berkembang dalam segala hal, terutama dalam pengembangan industri. Salah satu bidang usaha yang terus berkembang di Kota Padang sejalan dengan kemajuan sektor wisata adalah terus berkembangnya usaha studio foto yang tersebar hampir seluruh Kota Padang. Akibat terus bertambahnya studio foto di Kota Padang maka persaingan bisnis untuk mendapatkan konsumen semakin tinggi. Studio adalah ruangkhusus tempat bekerja (bagi pelukis,tukang potret,dll). Photo Studio adalah ruang untuk bekerja bagi tukang foto,ruang untuk mengambil gambar. (Poerwadarminta, 1991). Dalam memasarkan produk suatu perusahaan perlu melakukan penyebaran informasi tentang kehadiran, ketersediaan, ciri-ciri, kondisi produk ,keunggulan dan kelebihan dari produk yang dihasilkan, kegiatan ini disebut sebagai promosi. Menurut Kotler & Amstrong (2013) harga merupakan sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa atau jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat-manfaat karena memiliki atau menggunakan produk atau jasa tersebut. Lokasi adalah tempat usaha beroperasi atau tempat usaha melakukan kegiatan untuk menghasilkan barang dan jasa yang mementingkan segi ekonominya. Tjiptono (2002:92). Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pendapatan studio foto, kualitas produk dan jasa, promosi, harga, lokasi.

References

Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Poerwadarminta,W.J.S. 1991. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.

Rambat, Lupiyoadi, & Hamdani, A. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Alih bahasa Agus Widyantoro. Cetakan Kedua. Jakarta: PT. INDEKS.

Tjiptono, F. 2002. Manajemen Jasa, Penerbit Andi Yogyakarta.

Published

2020-11-03