PENGARUH DANA DESA, ALOKASI DANA DESA DAN BELANJA DAERAH TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN DI KECAMATAN SUNGAI KANAN KABUPATEN LABUHAN BATU SELATAN

Authors

  • Nurul Azmi Nasution
  • Erni Febrina Harahap
  • Helmawati

Abstract

Pembangunan ekonomi daerah merupakan suatu kegiatan mengelola sumberdaya daerah dengan melibatkan segenap pemerintah daerah dan juga seluruh komponen masyarakat dengan cara menjalin hubungan kerja sama yang baik untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan kegiatan perekonomian yang berkembang untuk kesejahteraan rakyat (Arsyad, 2014) . Tujuan dari pembangunan salah satunya adalah mengatasi kemiskinan yang ada di daerah-daerah. Secara singkat, kemiskinan merupakan suatu standar tingkat hidup yang rendah, yaitu adanya suatu tingkat kekurangan materi pada sejumlah atau segolongan orang dibandingkan dengan standar kehidupan yang umum yang berlaku dalam masyarakat yang bersangkutan. Standar kehidupan yang rendah ini secara langsung tampak pengaruhnya terhadap tingkat keadaan kesehatan, kehidupan moral, dan rasa harga diri dari mereka yang tergolong sebagai orang miskin (Suliswanto, 2010). Lokasi dalam penelitian berlokasi di Kecamatan Sungai Kanan, Kabupaten Labuhan Batu Selatan dengan tahun penelitian 2015 sampai dengan tahun 2019. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu Variabel Terikat (Dependent Variable), Variabel Bebas (Independent Variable). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dari 8 desa di Kecamatan Sungai Kanan, dengan time series waktu tahunan periode 2015 hingga 2019. Dalam kurun waktu 5 tahun maka terdapat sebanyak 40 data yang digunakan dari 8 desa. Data diperoleh dari kantor camat Sungai Kanan. Ditransformasikan dalam bentuk data panel, yaitu kombinasi dari data time series dan data cross section. Untuk metode analisis yang digunakan adalah regresi data panel, yang ditunjang dengan data kuantitatif yang ada. Data diolah dengan menggunakan software microsoft office excel 2013 dan software statistic eviews 9.

References

Arsyad, L. (2014). Eknonomi Pembangunan (7th ed.). Yogyakarta: STIM YKPN.

Suliswanto, M. S. W. (2010). Dan Indeks Pembangunan Manusia ( Ipm ). Pengaruh Produk Domestik Bruto (Pdb) Dan Indeks Pembangunan Manusia (Ipm) Terhadap Angka Kemiskinan Di Indonesia, 8, 354–366.

Published

2021-03-31