PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE (Studi Kasus Pada E-Commerce Shopee Di Padang)

Authors

  • Rihan Muammar Rifqi Universitas Bung Hatta
  • Mery Trianita Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kata Kunci: Elecronic Word Of Mouth, Media social, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan keputusan pembelian di e-commerce studi kasus pada e-commerce shopee dipadang. Studi empiris ini dilakukan untuk menganalisis hubungan Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian. Teknik analisis kualitatif digunakan untuk menguji dua hipotesis melalui survey yang menggunakan skala likert lima poin. Teknik pengambilam sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data diperoleh dari 60 responden yang telah melakukan pembelian produk di shopee. Pengaruh antara faktor-faktor penentu dianalisis menggunakan software SPSS 16.0. hasil penelitian menunjukan bahwa Electronic Word Of Mouth berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Shopee. Media Sosial berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Shopee. Kata Kunci: Elecronic Word Of Mouth, Media social, keputusan pembelian

References

Akbar, M. J. C., & Sunarti. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Restoran Sushi Tei Kelapa Gading). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 60(No. 3), h. 45-51.

Ermawati, E., Husaini, A., & Pakkawaru, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Kuota Internet Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 36–58. https://doi.org/10.24239/jiebi.v2i1.22.36-58

Indriyani, R., & Suri, A. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Motivasi Konsumen Pada Produk Fast Fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 25–34. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.25- 34

Prayoga, I., & Rachman, M. (2020). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA FORE COFFEE. Syntax Transformation, 1(5), 136– 140.

Ririmasse, & Sisilia, K. (2018). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA ORA BEACH RESSORT. E-Proceeding of Management, 5(1), 1094–1106.

Widodo, A. S., & Wardani, S. (2020). Pengaruh Promosi Dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cendo. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 62. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.4496

Published

2021-08-25