PENGARUH NET PROFIT MARGIN, RETRUN ON ASSET, EARNING PER SHARE TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN DIVIDEND PER SHARE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN YANG KONSISTEN MEMBAGIKAN DIVIDEND YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2018

Authors

  • Engla Suspita Hariani Universitas Bung Hatta
  • Yuhelmi Yuhelmi Universitas Bung Hatta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah ada pengaruh pengaruh net profit margin, retrun on asset, earning per share terhadap harga saham dengan dividend per share sebagai variabel mediasi terhadap perusahaan yang konsisten membagikan dividend yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2015-2018. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari IDX. Sampel pada penelitian ini sebnayak 20 perusahaan yang dipilih dengan menggunakan sampling jenuh. Metode analisis yang digunakan pada penelitian adalah analisis jalur. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa profit margin, retrun on asset berpengaruh positif terhadap harga saham. earning per share, dividend per share tidak berpengaruh terhadap harga saham. Dan dividend per share tidak memediasi profit margin, retrun on asset, earning per share terhadap harga saham pada perusahaan yang konsisten membagikan dividend yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018. Kata kunci : Net Profit Margin, Return On Aseet, Earing Per Share, Dividend Per Share, Harga Saham

References

Fahmi, Irham. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 29/POJK.04/2016 Tentang Laporan Tahunan Emiten Atau Perusahaan Publik.

Atmaja, Lukas Setia. 2008. Teori dan Praktek Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Penerbit ANDI

Popy Ambarwati, Enas Enas, Marlina Nur Lestari. 2019. Pengaruh Net Profit Margin (Npm) Dan Return On Equity (Roe) Terhadap Harga Saham (Studi Kasus Pada PT. Bank Central Asia Tbk. Yang Terdaftar Dibursa Efek Indonesia Periode 2007-1017). E-Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan Fakultas Ekonomi Universitas Galuh. Vol. 1, No. 2,Hal.100-119.

Hakiki Muliadi, Irham Fahmi. 2016. Pengaruh Dividend Per Share, Return On Equity Dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnalilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen Universitas Syiah Kuala. Vol. 1, No.2, Hal. 100-119.

Baron, Reuben M., dan Kenny, David A, 1986, The Moderator-Mediator Variable Distinction in Social Psychological Research:

Conceptual, Strategic, and Statistical Considerations, Journal of Personality and Social Psychology, Volume 51.

Published

2021-08-26