PENGARUH PERSEPSI TERHADAP MINAT PENGGUNAAN E-MONEY OVO : STUDI IMPLEMENTASI FINANCIAL TECHNOLOGY DENGAN PENDEKATAN TAM PADA KONSUMEN GRAND MALL BASKO KOTA PADANG

Authors

  • Suri Yani Universitas Bung Hatta
  • Listiana Sri Mulatsih Universitas Bung Hatta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, persepsi keamanan dan persepsi resiko terhadap penggunaan e-money OVO. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna OVO di Grand Mall Basko Padang. Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner dan pengumpulan data sekunder menggunakan survey terhadap pengguna emoney OVO. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik non probability sampling dangan menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan PLS. Dari hasil Pengujian dapat disimpulkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif terhadap minat penggunaan, persepsi manfaat berpengaruh positif terhadap minat penggunaan, persepsi keamanan berpengaruh positif terhadap minat penggunaan, dan persespsi resiko berpengaruh negatif terhadap minat penggunaan. Kata kunci : persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, persepsi keamanan, persepsi resiko, minat menggunakan peng

References

Bank of International Settlement (BIS). (1996). Implications for Central Banks of The Development of Electronic Money.

Davis, F.D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use and User Accept ance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3): 319-339.

Fitriana, Ana dan Wingdes Irawan. Analisis TAM Terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Menggunakan e-Money Indomaret Card di Pontianak.Vol 16, No 4 (2017).

Iliyin, Ahmad. Widiartanto. 2019. Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Keamanan Terhadap Keuputusan Penggunaan OVO PT Visionet Data International (Studi PadaPengguna OVO di Kota Surakarta). Jurnal FISIPUniversitas Diponegoro.

Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Erlangga.

Pavlou, P. A. (2003). Consumer Acceptance of Electronic Commerce: Integrating Trust and Risk with The Technology Acceptance Model. International Journal of Electronic Commerce. Vol. 7, No. 3. Hlm. 69-103.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta

Published

2021-08-26