PENGARUH PERSEPSI RESIKO DAN SIKAP KONSUMENTERHADAP NIAT BELIPADA KONSUMEN YANG BERBELANJA ONLINE PADA BUKALAPAK DI KOTA PADANG

Authors

  • Nur Rahmah Hasanah Universitas Bung Hatta
  • Dahliana Kamener Universitas Bung Hatta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi resiko dan sikap konsumen terhadap niat belipada konsumen yang berbelanja online pada Bukalapak di Kota Padang. Populasi adalah semua konsumen yang berniat berbelanja online pada Bukalapak di kota Padang yang tidak diketahui dengan pasti jumlahnya dengan jumlah sampel sebanyak 138 orang konsumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran kuesioner. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda Hasil penelitian ini menemukan bahwa persepsi resiko berpengaruh negatif dan signifikan terhadap niat beli pada konsumen yang berbelanja online pada Bukalapak di kota Padang. Kemudian sikap konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli pada konsumen yang berbelanja online pada Bukalapak di kota Padang. Kata Kunci :Persepsi Resiko, Sikap Konsumen, Niat Beli.

References

Henry, K., Adiwijaya, M., & Subagio, H. (2017). Pengaruh Perceived Risk Terhadap Purchase Intention Dengan Mediasi Perceived Value dan Customer Attitude Pada Pelanggan Online Shopping Melalui Media Sosial Facebook di Surabaya. Petra Business and Management Review, 3(2), 62–83.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen (15th Editi). Pearson Education,Inc.

Pratama, D. A. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Resiko Terhadi Niat Beli Pelanggan

Melalui Sikap Pelanggan Sebagai Mediasi Pada Tokopedia.Com. AGORA, 8(1), 1–6.

Putri, C. I. D., & Sudiksa, I. B. (2018). Peran Kepercayaan Dalam Memediasi Pengaruh Persepsi Risiko Terhadap Niat Beli Online Pada Situs Lazada. EJurnal Manajemen Unud, 7(7), 3532– 3563.

Published

2021-08-26