PENGARUH INFLASI ASET KREDIT DANA PIHAK KETIGA PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT TERHADAP PEREKONOMIAN DI INDONESIA

PENGARUH INFLASI ASET KREDIT DANA PIHAK KETIGA PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT TERHADAP PEREKONOMIAN DI INDONESIA

Authors

  • Tito Arfandi Saat
  • Erni Febrina Harahap

Keywords:

Perekonomian, Teknologi, PDB

Abstract

PENDAHULUAN Perekonomian merupakan salah satu tolak ukur penting dalam menentukan keberhasilan pembangunan ekonomi. Dimana perekonomian menggambarkan suatu dampak nyata dari kebijakan pembangunan yang dilaksanakan. Ada indikator yang digunakan untuk mengukur keberhasilan pembangunan salah satunya diukur dengan menggunakan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Salah satu indikator kondisi perekonomian dapat dilihat dari kestabilan inflasi (Erni Febrina H, Wahyu and Rahmi, 2019). Inflasi dapat diartikan terjadi peningkatan harga secara umum, inflasi juga merupakan salah satu indikator penting dalam menganalisis pertumbuhan perekonomian semakin tinggi tingkat inflasi maka akan dapat melumpuhkan perekonomian. Selain inflasi, modal dan teknologi merupakan jalur sumber penggerak perekonomian jangka panjang yang berkembang. Sumber penggerak modal melalui peran perbankan dalam menggerakkan perekonomian nasional sangat besar pasalnya, perbankan berperan di semua aktivitas ekonomi meliputi sektor industri, perdagangan, pertanian, perkebunan jasa, dan perumahan sangat membutuhkan bank sebagai mitra dalam transaksi keuangan (Indriati, 2018). dalam meningkatkan PDB maka diperlukan sektor keuangan yang pesat dan inklusif, salah satu faktor perekonomian yang stabil dipengaruhi oleh banyaknya jumlah tabungan masyarakat dan jumlah kredit yang disalurkan (Khairul Anwar dan Amri, 2017)

References

DAFTAR PUSTAKA

Anwar, K., & Amri, A.(2017). Pengaruh Inklusi Keuangan Terhadap PDB Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan, 2(3), 454-462.

Harahap, Erni Febrina, Wahyu Ramadhani, and Siti Rahmi.(2019).Pengaruh Volatility Kurs, Bi 7 Day Repo Rate Dan Inflasi Terhadap Jumlah Uang Beredar Di Indonesia. Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi 5, no.3.

Indriati.(2018).‘AnalisisPenyaluran Kredit Modal Kerja Pada Bank Umum di Indonesia’, Jurnal Ilmu Ekonomi, 2, pp. 529–540.

N. Gregory Mankiw.(2006).Makroekonomi, terj, Fitria Liza dan Imam Nurmawan: Penerbit Erlangga. Jakarta.

Todaro, M.P. dan Smith, S.C.(2006). Pembangunan Ekonomi. Jilid I Edisi Kesembilan. Haris Munandar (penerjemah). Erlangga, Jakarta.

Downloads

Published

2022-02-24