PENGARUH ASOSIASI MEREK, CITRA MEREK DAN KESADARAN MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK PRODUK MINYAK GORENG SUNCO (Studi Kasus pada Pelanggan Mini Market Tama Febri di Solok Selatan )

Authors

  • Martino Wahyu Pratama Universitas Bung Hatta
  • Irda Universitas Bung Hatta

Keywords:

Asosiasi Merek, Citra Merek, Kesadaran Merek, Ekuitas Merek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh asosiasi merek,citra merek dan kesadaran merek terhadap ekuitas merek minyak goreng sunco di solok selatan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja minyak goreng sunco. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan program SPSS versi 20. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa asosiasi merek dan kesadaran merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek minyak goreng di solok selatan. Citra merek berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap ekuitas merek minyak goreng di solok selatan.

References

Hidayat, A. K., & Martini, E. (2019).

Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi

Merek, Persepsi Kualitas, Dan Loyalitas

Merek Terhadap Ekuitas Merek Lazada.

E-Proceeding of Management :, 6(1),

–380.

Muzaqqi, A., Fauzi, A., & Suyadi, I.

(2016). Pengaruh Kesadaran Merek,

Kesan Kualitas, Asosiasi Merek Dan

Loyalitas Merek Terhadap Ekuitas

Merek. Jurnal Administrasi Bisnis Vol.

No. 1 Februari 2016, 26-34.

Nugroho, R. W., Insani, S. F., &

Cahyaningrum, B. N. (2020). Pengaruh

Asosiasi Merek, Loyalitas Merek,

Kesadaran Merek dan Citra Merek

terhadap Ekuitas Merek Nike Di Media

Sosial Pada Kalangan Konsumen Muda.

Journal of Business Finance and

Economic (JBFE) Volume 1, Nomor 1,

Juni 2020, 31-44.

Lego, Y., & Widjaya, O. H. (2021).

Pengaruh Asosiasi Merek, Kesetiaan

Merek, Kesadaran Merek Dan Citra

Merek Terhadap Ekuitas Merek. Jurnal

Bina Manajemen, September 2021 Vol.

No. 1 hal 206-219, 206-219

Pujotomo, D., & Putri, R. K. (2015).

Analisis Pengaruh Kesadaran Merek,

Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Dan

Loyalitas Terhadap Ekuitas Merek.

Prosiding SNST K-6 Tahun 2015, 70-78.

Downloads

Published

2022-03-06