PENGARUH ASOSIASI MEREK, CITRA MEREK DAN KESADARAN MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK PRODUK MINYAK GORENG SUNCO (Studi Kasus pada Pelanggan Mini Market Tama Febri di Solok Selatan )
Keywords:
Asosiasi Merek, Citra Merek, Kesadaran Merek, Ekuitas MerekAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh asosiasi merek,citra merek dan kesadaran merek terhadap ekuitas merek minyak goreng sunco di solok selatan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja minyak goreng sunco. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan program SPSS versi 20. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa asosiasi merek dan kesadaran merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek minyak goreng di solok selatan. Citra merek berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap ekuitas merek minyak goreng di solok selatan.References
Hidayat, A. K., & Martini, E. (2019).
Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi
Merek, Persepsi Kualitas, Dan Loyalitas
Merek Terhadap Ekuitas Merek Lazada.
E-Proceeding of Management :, 6(1),
–380.
Muzaqqi, A., Fauzi, A., & Suyadi, I.
(2016). Pengaruh Kesadaran Merek,
Kesan Kualitas, Asosiasi Merek Dan
Loyalitas Merek Terhadap Ekuitas
Merek. Jurnal Administrasi Bisnis Vol.
No. 1 Februari 2016, 26-34.
Nugroho, R. W., Insani, S. F., &
Cahyaningrum, B. N. (2020). Pengaruh
Asosiasi Merek, Loyalitas Merek,
Kesadaran Merek dan Citra Merek
terhadap Ekuitas Merek Nike Di Media
Sosial Pada Kalangan Konsumen Muda.
Journal of Business Finance and
Economic (JBFE) Volume 1, Nomor 1,
Juni 2020, 31-44.
Lego, Y., & Widjaya, O. H. (2021).
Pengaruh Asosiasi Merek, Kesetiaan
Merek, Kesadaran Merek Dan Citra
Merek Terhadap Ekuitas Merek. Jurnal
Bina Manajemen, September 2021 Vol.
No. 1 hal 206-219, 206-219
Pujotomo, D., & Putri, R. K. (2015).
Analisis Pengaruh Kesadaran Merek,
Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Dan
Loyalitas Terhadap Ekuitas Merek.
Prosiding SNST K-6 Tahun 2015, 70-78.