PENGARUH IKLAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP BRAND AWARENESS PADA SMARTPHONE XIAOMI (STUDI KASUS PADA PENGGUNA SMARTPHONE XIAOMI DI KOTA PADANG)
Keywords:
Word Of Mouth, Brand AwarenessAbstract
Penelitian ini menguji hubungan antara pengaruh Iklan dan Word Of Mouth terhadap Brand Awareness (Studi Kasus Tentang : pengguna Smartphone Xiaomi di kota Padang). Populasi dalam penelitian ini adalah Konsumen yang menggunakan smartphone Xioami di kota Padang. Dengan sampel sebanyak 60 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran kuisioner. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Uji hipotesis dengan menggunakan uji T-test statistik untuk membuktikan pengaruh variable independen terhadap variable dependen secara parsial atau individu. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Awareness smartphone Xiaomi dikota padang. dan Word Of Mouth berpengaruh positif dan siginifikan terhadap Brand Awareness smartphone Xiaomi dikota padang.References
(1) Ardian, R. (2018). Bab Ii Landasan Teori.
Journal of Chemical Information and
Modeling, 53(9), 8–24.
http://repo.darmajaya.ac.id/233/4/BAB
II.pdf
(2) Efendi, R., & Mashadi, M. (2020).
Pengaruh Personal Selling, dan Iklan
Terhadap Brand Awareness Produk
Yakult. Jurnal Ilmiah Manajemen
Kesatuan, 8(2), 127–137.
https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.332
(3) Felicia, F., & Meisyaroh, S. (2020).
Efektivitas Word of Mouth Terhadap
Brand Awareness “Batik Keris.” Jurnal
Komunikasi Dan Bisnis, 8(1), 43–54.
https://doi.org/10.46806/jkb.v8i1.647
(4) Fiando, Y. K. (2020). Pengaruh iklan
media sosial ( youtube ) dan word of
mouth terhadap brand awareness shopee
pada mahasiswa uin maliki malang. Skripsi
Fakultas Ekonomi Universitas Islam
Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim
Malang, 122. http://etheses.uinmalang.ac.id/19305/1/15510112.pdf
(5) Handiki, K., & Mustikasari, A. (2019).
Pengaruh Word of Mouth Terhadap Brand
Awareness Pada Pt Gumbira Wana
Indonesia 2019. E-Proceeding of Applied
Science, 5(2), 857–863.
(6) Herlyana, F., & Utami, L. S. S. (2020).
Pengaruh Daya Tarik Iklan di Konvergensi
Media Terhadap Brand Awareness (Studi
Iklan Tiket.com di YouTube Pada Kalangan Generasi Z di Jakarta). Prologia,
(1), 160.