PENGARUH IKLAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP BRAND AWARENESS PADA SMARTPHONE XIAOMI (STUDI KASUS PADA PENGGUNA SMARTPHONE XIAOMI DI KOTA PADANG)

Authors

  • Rengga Agustio Universitas Bung Hatta
  • Mery Trianita Universitas Bung Hatta

Keywords:

Word Of Mouth, Brand Awareness

Abstract

Penelitian ini menguji hubungan antara pengaruh Iklan dan Word Of Mouth terhadap Brand Awareness (Studi Kasus Tentang : pengguna Smartphone Xiaomi di kota Padang). Populasi dalam penelitian ini adalah Konsumen yang menggunakan smartphone Xioami di kota Padang. Dengan sampel sebanyak 60 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran kuisioner. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Uji hipotesis dengan menggunakan uji T-test statistik untuk membuktikan pengaruh variable independen terhadap variable dependen secara parsial atau individu. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Awareness smartphone Xiaomi dikota padang. dan Word Of Mouth berpengaruh positif dan siginifikan terhadap Brand Awareness smartphone Xiaomi dikota padang.

References

(1) Ardian, R. (2018). Bab Ii Landasan Teori.

Journal of Chemical Information and

Modeling, 53(9), 8–24.

http://repo.darmajaya.ac.id/233/4/BAB

II.pdf

(2) Efendi, R., & Mashadi, M. (2020).

Pengaruh Personal Selling, dan Iklan

Terhadap Brand Awareness Produk

Yakult. Jurnal Ilmiah Manajemen

Kesatuan, 8(2), 127–137.

https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.332

(3) Felicia, F., & Meisyaroh, S. (2020).

Efektivitas Word of Mouth Terhadap

Brand Awareness “Batik Keris.” Jurnal

Komunikasi Dan Bisnis, 8(1), 43–54.

https://doi.org/10.46806/jkb.v8i1.647

(4) Fiando, Y. K. (2020). Pengaruh iklan

media sosial ( youtube ) dan word of

mouth terhadap brand awareness shopee

pada mahasiswa uin maliki malang. Skripsi

Fakultas Ekonomi Universitas Islam

Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim

Malang, 122. http://etheses.uinmalang.ac.id/19305/1/15510112.pdf

(5) Handiki, K., & Mustikasari, A. (2019).

Pengaruh Word of Mouth Terhadap Brand

Awareness Pada Pt Gumbira Wana

Indonesia 2019. E-Proceeding of Applied

Science, 5(2), 857–863.

(6) Herlyana, F., & Utami, L. S. S. (2020).

Pengaruh Daya Tarik Iklan di Konvergensi

Media Terhadap Brand Awareness (Studi

Iklan Tiket.com di YouTube Pada Kalangan Generasi Z di Jakarta). Prologia,

(1), 160.

https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6463

Downloads

Published

2022-03-06