PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-RECOVERY SERVICE QUALITY TERHADAP E-SATISFACTION PADA PENGGUNA APLIKASI ZALORA (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Zalora Di Kota Padang)

Authors

  • Raymond Al Vebrinan Universitas Bung Hatta
  • Purbo Jadmiko Universitas Bung Hatta

Keywords:

E-Service Quality, E-Recovery Service Quality, E-Satisfaction

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bagaimana respon konsumen Zalora pada pengguna Zalora di Kota Padang, melalui kepuasan elektronik. Study empiris ini dilakukan untuk mengetahui hubungan e-service quality dan e-recovery service quality terhadap e-satisfaction. Esatisfaction terdiri dari dua faktor, Expected Service dan Perceived Service. Teknik analisis kuantitatif digunakan untuk menguji dua hipotesis melalui survei yang menggunakan skala likert lima poin. Teknik pengambilan sample dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data diperoleh dari 60 responden yang secara langsung pada pengguna aplikasi Zalora di Kota Padang. Penyebaran kusioner secara langsung digunakan untuk mengumpulkan data. Pengaruh antara faktor-faktor penentu dianalisis menggunakan SPSS !6.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-service quality berpengaruh positif terhadap e-satisfaction dan e-recovery service quality berpengaruh terhadap e-satisfaction.

References

DAFTAR PUSTAKA

(1) Asakristiani, V. A., & Mulyandi, M. R.

(2021). Pengaruh E-Service Quality

Terhadap E-Satisfaction Aplikasi Jenius.

(5), 418–423.

(2) Berliana, M., & Zulestiana, D. A.

(2020). Pengaruh E-Service Quality

terhadap Customer Satisfaction dan

Loyalty pada Pengguna Gopay di

Indonesia. Riset Dan E-Jurnal

Manajemen Informatika Komputer, 4(2),

–17.

(3) Ghozali, Imam, (2016) Aplikasi Analisis

Multivariete Dengan Program IBM SPSS

(Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang :

Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

(4) Irmawati, (2011) Pemanfaatan ECommerce

dalam dunia bisnis. Jurnal

Ilmiah Orasi Bisnis – ISSN: 2085-1375

(5) Sugiyono. (2016) Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: PT Alfabet.

(6) Tambusai, S. R. K., Suharyono, &

Pangestuti, E. (2019). Pengaruh EService

QualityDanE-RecoveryServiceQuality

Terhadap E-Customer Satisfaction Dan E-Customer Loyalty.

Profit,13(02),72–79.

Downloads

Published

2022-03-06