PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-RECOVERY SERVICE QUALITY TERHADAP E-SATISFACTION PADA PENGGUNA APLIKASI ZALORA (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Zalora Di Kota Padang)
Keywords:
E-Service Quality, E-Recovery Service Quality, E-SatisfactionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bagaimana respon konsumen Zalora pada pengguna Zalora di Kota Padang, melalui kepuasan elektronik. Study empiris ini dilakukan untuk mengetahui hubungan e-service quality dan e-recovery service quality terhadap e-satisfaction. Esatisfaction terdiri dari dua faktor, Expected Service dan Perceived Service. Teknik analisis kuantitatif digunakan untuk menguji dua hipotesis melalui survei yang menggunakan skala likert lima poin. Teknik pengambilan sample dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data diperoleh dari 60 responden yang secara langsung pada pengguna aplikasi Zalora di Kota Padang. Penyebaran kusioner secara langsung digunakan untuk mengumpulkan data. Pengaruh antara faktor-faktor penentu dianalisis menggunakan SPSS !6.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-service quality berpengaruh positif terhadap e-satisfaction dan e-recovery service quality berpengaruh terhadap e-satisfaction.References
DAFTAR PUSTAKA
(1) Asakristiani, V. A., & Mulyandi, M. R.
(2021). Pengaruh E-Service Quality
Terhadap E-Satisfaction Aplikasi Jenius.
(5), 418–423.
(2) Berliana, M., & Zulestiana, D. A.
(2020). Pengaruh E-Service Quality
terhadap Customer Satisfaction dan
Loyalty pada Pengguna Gopay di
Indonesia. Riset Dan E-Jurnal
Manajemen Informatika Komputer, 4(2),
–17.
(3) Ghozali, Imam, (2016) Aplikasi Analisis
Multivariete Dengan Program IBM SPSS
(Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang :
Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
(4) Irmawati, (2011) Pemanfaatan ECommerce
dalam dunia bisnis. Jurnal
Ilmiah Orasi Bisnis – ISSN: 2085-1375
(5) Sugiyono. (2016) Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: PT Alfabet.
(6) Tambusai, S. R. K., Suharyono, &
Pangestuti, E. (2019). Pengaruh EService
QualityDanE-RecoveryServiceQuality
Terhadap E-Customer Satisfaction Dan E-Customer Loyalty.
Profit,13(02),72–79.