PENGARUH HARGA, KEPUASAN DAN FASILITAS TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA AFA FUTSAL KOTA SUNGAI PENUH

Authors

  • Meikahardi Tristan Rahmat Universitas Bung Hatta
  • Dahliana Kamener Universitas Bung Hatta
  • Reni Yuliviona Universitas Bung Hatta

Keywords:

Loyalitas, Harga, Kepuasan Konsumen, Fasilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara emperis pengaruh harga, kepuasan konsumen dan fasilitasxterhadap loyalitas konsumen AFA pada Futsal Kota Sungai Penuh. Jenis penelitian ini adalah desain kausalitas. Populasi adalah seluruh konsumen yang menggunakan jasa lapangan AFA Futsal di Kota Sungai Penuh. Teknik sampel adalah purposive sampling dan jumlah sampel adalah 80 orang konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitafif. Dalam menggunakan metode penelitian ini menyatakan bahwa harga, kepuasan konsumen dan fasilitas berpengaruh secara signifikanxterhadap loyalitas konsumen pada AFA Futsal Kota Sungai Penuh.

References

Angipora, M. P. (2002). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Annas, A. N., Arifin, R., & Hufron, M. (2020). Pengaruh fasilitas dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan sebagai variabel intervening. E – Jurnal Riset Manajemen, 43–61.

Dharmesta. (2008). Manajemen Pemasaran Modern (Edisi Kedu). Liberty.

Graha, L. (2018). Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Menggunakan Lapangan Graha Futsal Center di Kota Pontianak. Jurnal Produktivitas, 5, 107–111.

Griffin, J. (2011). Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan . Jakarta : Erlangga.

Hamdani, & Lupiyoadi, R. (2010). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.

Harumi, S. D. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Perusahaan Seiko Laundry Medan. Analitika, 8(2), 115–128.

Hurriyati, R. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung : Alfabeta.

Irawan, H. (2002). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Kertajaya, H. (2005). MarkPlus on Strategy, 12 Tahun Perjalanan MarkPlus&Co, Membangun Strategi Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, dialih bahasakan oleh Benjamin Molan. In : (Edisi 12). PT Indeks.

Listyawati, I. H. (2018). Pengaruh kepuasan pelanggan, citra merek, harga dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada Handphone Xiaomi di Yogyakarta. Jurnal Bisnis Teori Dan Implementasi, 9(1), 37–45.

Listyawati Indri Hastuti. (2019). Pengaruh Fasilitas Wisata, Citra Destinasi, dan Kepuasan Terhdap loyalitas Wisatawan. VI(2), 35–44.

Lupiyoadi, R. (2008). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.

Michelle, & Siagian, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Cafe Zybrick Coffee & Cantika. 7(1).

Nasution. (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Norhermaya, Y. A., & Soesanto, H. (2016). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang. Diponegoro Journal of Management, 5(2007), 1–13.

Nurhidayati, & Yuliantari, K. (2018). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Fish Streat Cabang Tebet. Jurnal Widya Cipta, II(1), 69–75.

Salim, E., Andri, & Neldi, M. (2019). Membangun Loyalitas Pelanggan melalui Harga dan Kepercayaan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi pada Bisnis Smartphone. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 73–83.

Schiffman, L. ., & Kanuk., L. L. (2004). Consumer Behavior Upper Saddle River (8 th editi). New Jersey: Prentice Hall.

Selnes, F. (1993). An Examination of the Effect of Product Performance on Brand Reputation, Satisfaction and Loyalty. European Journal of Marketing, 27(August), 19–35.

Sofyan, I. L., Pradhanawati, A., & Nugraha, H. S. (2013). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas, Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening pada Star Clean Car Wash Semarang. DIPONEGORO JOURNAL OF SOCIAL AND POLITIC Tahun, 1, 1–12.

Sukpa, W. D., Wijayanto, G., & Taufiqurrahman. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan, kebijakan harga terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada jasa lapangan Internasional futsal Pekanbaru. Jom FEKON, 2(1), 1–18.

Sunyoto. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. CAPS.

Suparmi, & Handhoko, K. (2018). Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan dan Komitmen Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT . Yodya Karya ( Persero ) Cabang Utama Semarang. Jurnal Ilmiah UNTAG, 7(1).

Suryadi, E. (2019). Pengaruh Lokasi, Harga, Dan Physical Evidence Terhadap Loyalitas Konsumen Menggunakan Lapangan Griya Futsal Di Kota Pontianak. Jurna l Produktivitas, 6.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta : Andi

Downloads

Published

2022-03-06