PENGARUH KEPUASAN SEBAGAI PEMEDIASI HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SHOPEE DIKOTA PADANG
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Promosi, Loyalitas Pelanggan, KepuasanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan antara pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan promosi terhadap loyalitas pelanggan Shopee di Kota Padang dengan kepuasan sebagai variabel intervening. Dalam penelitian ini jumlah sampel adalah sebanyak 138 orang responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan promosi terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan sebagai variabel intervening dianalisis menggunakan software SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan. Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan. Kualitas pelayanan, promosi dan kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Secara langsung kualitas pelayanan, kualitas produk dan promosi melalui kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelangganReferences
Sarwono, Jonathan. 2018. Statistik Untuk Riset Skripsi. Yogyakarta: Andi Offset
Ariyani, Rahajeng, dkk. 2021. The
Influence of Service Quality and Brand Image on Loyalty Through Statisfacation Grab-Bike Costomers in Bekasi City. Majalah Ilmiah Bijak. Vol.18. No.2, September 2021, pp. 263-272 E ISSN 2621-749x.
Izzuddin Ahmad, Muhsin Muhammad. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen: Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia: Volume 6. Nomor 1.72-78.
Nugroho Eko, Heribertus ir. Budi S, Safi’i Imam. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasaan Konsumen: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Industri Universitas Kadiri: Vol.2 No.2
Downloads
Published
2022-03-06
Issue
Section
Executive Summary