ANALISIS GAYA HIDUP PENGGUNA IPHONE (Studi Kasus Pada Masyarakat di Kota Padang)

Authors

  • Mifta Hurahmi Nasril Universitas Bung Hatta
  • Surya Dharma Universitas Bung Hatta
  • Linda Wati Universitas Bung Hatta

Keywords:

Activity, Interest, Opinion

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis gaya hidup pengguna iPhone di Kota Padang, penelitian ini dilakukan dengan kepada beberapa orang pengguna iPhone di Kota Padang. Proses pengupulan data dan informasi dilakukan dengan menggunakan kuesioner penelitian yang dilakukan secara langsung melalui observasi lapangan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis cluster dengan model hirarki yang diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis cluster diketahui Gaya hidup yang dimiliki sebagian besar konsumen pengguna iPhone di Kota Padang adalah actualized, dimana responden yang digolongkan actualized memiliki kecenderungan activity tinggi, interest yang tinggi dan juga opinion yang tinggi. Kelompok responden pengguna iPhone di Kota padang juga dinamai memiliki gaya hidup dengan tipe Fulfilled. Responden dengan gaya hidup tersebut memiliki kecenderungan acitivity yang sedang (medium activity), interest dan opinion yang juga sedang sedangkan gaya hidup ketiga dari pengguna iPhone di Kota Padang dinamai strunglers. Responden memiliki dengna tipe strunglers cenderung memiliki acitivity rendah, interest rendah dan opinion rendah pada perangkat iPhone yang mereka miliki.

References

Pangestu, S. D., Suryoko, S., & Si, M. (2016). Pengaruh Gaya Hidup (Life Style) dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pelanggan Peacoco Koffie Semarang). Bisnis Dan Manajemen.

SVirya, K. A. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chimon. Jurnal Manajemen Dan Start Up Bisnis, 3(2).

Wirtz, J., & Lovelock, C. (2011). Service Marketing Peopel, Technology, Strategy. Services Marketing: People, Technology, Strategy (Seventh Ed).Boston

Downloads

Published

2022-03-06