PENGARUH ELEKTRONIK WORD OF MOUTH DAN KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE DI KOTA PADANG

Authors

  • Dio Pratama Efandri Universitas Bung Hatta
  • Zeshasina Rosha Universitas Bung Hatta

Keywords:

Keputusan Pembelian, Elektronik Word Of Mouth

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh e-wom , ulasan produk dan kemudahan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee di Kota Padang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Kota Padang yang telah melakukan pembelian pada marketplace Shopee. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 85 responden. Data diolah dengan menggunakan IBM SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-wom dan ulasan produk secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee di Kota Padang. Sedangkan kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee di Kota Padang.

Downloads

Published

2022-03-06