PERAN STRATEGI KEPEMIMPINAN BIAYA MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA UKM LAUNDRY DI KOTA PADANG

Authors

  • Yossi Silvia Universitas Bung Hatta
  • Zeshasina Rosha Universitas Bung Hatta

Keywords:

Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Strategi Kepemimpinan Biaya, Kinerja Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran strategi kepemimpinan biaya memediasi orientasi pasar dan orientasi kewriausahaan terhadap kinerja pemasaran, dengan studi kasus pada UKM Laundry di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini seluruh pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) pada jasa laundry di padang yang berjumlah sebanyak 100 UKM. Metode analisa data dalam penelitian ini adalah PLS. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan metode analisis meliputi: Measurement Model Assessment , Analisis Deskriptif, R Square, Q square dan Structural Model Assessment. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa orientasi pasar tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap strategi kepemimpinan biaya. Orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap strategi kepemimpinan biaya. Strategi kepemimpinan biaya tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Strategi kepemimpinan biaya tidak memediasi hubungan antara orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Strategi kepemimpinan biaya tidak memediasi hubungan antara orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran.

References

Andiyanto, F dan Sufian M. S. (n.d). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Bisnis (Studi Empiris Pada Industri Pakaian Jadi Skala Kecil dan Menengah di Kabupaten Kudus). 1-20.

Narver, Jhon C., & Slatter. Stanley F. (2000). The Positive Effects of Market Orientation on Busines Profitability. Journal of Business Research 48, 69–73 (2000)

Wu, D. (2009). “Measuring Performance in Small and Medium Enterprises in the Information & Communication Technology Industries,” Working paper, RMIT University.

Zahra dan Covin (1995). Contextual Influences On The Corporate Entrepreneurship Performance Relationship A Longitudinal Analysis. Journal of Business Venturing 10, 43-58

Downloads

Published

2022-03-06