EFFECT OF E-SERVICE QUALITY AND E-TRUST ON E-LOYALTY THROUGH E-SATISFACTION AS VARIABEL INTERVENING ( Case Study : Consumer E-commerce Shopee In Padang City)

Authors

  • Yuni Sulistiawati Universitas Bung Hatta
  • Zeshasina Rosha Universitas Bung Hatta

Keywords:

E- Service Quality, E- Trust, E-Loyalty, E-satisfaction

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui pengaruh e-service quality serta e-trust terhadap e-Loyalty melalui e-satisfaction selaku vraiabel intervening. Penelitian ini memakai metode penghimpunan data dengan membagikan kuesioner. Populasi serta sampel yang dipakai pada penelitian ini yakni pengguna jasa Shopee di Kota Padang dengan total sebesar 80 responden. Metode analisa data pada penelitian ini yakni SPSS. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan memakai metode path analisis. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwasanyasanya: 1) E-service quality berpengaruh positif serta signifikan terhadap e-satisfaction pelanggan pada e-commerce Shopee di Kota Padang; 2) E-trust berpengaruh positif serta signifikan terhadap e-satisfaction pelanggan pada e-commerce Shopee di Kota Padang; 3) E-service quality berpengaruh positif serta signifikan terhadap e-Loyalty pelanggan pada e-commerce Shopee di Kota Padang; 4) E-trust berpengaruh positif serta signifikan terhadap e-Loyalty pelanggan pada e-commerce Shopee di Kota Padang; 5) E-satisfaction berpengaruh positif serta signifikan terhadap e-Loyalty pelanggan pada e-commerce Shopee di Kota Padang; 6) E-satisfaction memediasi hubungan e-service quality terhadap e-Loyalty pelanggan pada e-commerce Shopee di Kota Padang; 7) E-satisfaction memediasi hubungan e-trust terhadap e-Loyalty pelanggan pada e-commerce Shopee di Kota Padang.

References

Anderson dan Srinivasan. (2003). E‐satisfaction and e‐loyalty: a contingency framework. Psychology & Marketing, Vol. 20, No. 2, pp. 123-138, 49.

Chase. (2014). Operations and Supply Chain Management. 14th Edition. Singapore: McGraw-Hill Education.

Chou, S., Chen, C. W., & Lin, J. Y. (2015). Female online shoppers: Examining the mediating roles of e-satisfaction and e-trust on e-Loyalty development. Internet Research.ISSN: 1066-2243, 25.

Giovanis, Apostolos N., dan P. A. (2014). Gaining Customer Loyalty in the E – Tailing Marketplace : The Role of E – Service Quality, E – Satisfaction and E – Trust . Int. J. Technology M

Downloads

Published

2022-03-06