PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, MOTIVASI KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP SEMANGAT KERJA PADA KARYAWAN PT. SUKA FAJAR KOTA PADANG CABANG KHATIB SULAIMAN

Authors

  • Rizki Saputra Zulhelmi Universitas Bung Hatta
  • Purbo Jadmiko Universitas Bung Hatta

Keywords:

Semangat Kerja, Komitmen Organisasional, Kepemimpinan Transformasional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara variabel terikat semangat kerja dengan variabel bebas kepemimpinan transformasional, motivasi kerja dan komitmen organisasional. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh karyawan di PT. Suka Fajar Kota Padang Cabang Khatib Sulaiman. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 50 responden. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah SPSS. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan model uji validitas, uji realibilitas regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kepemimpinan transformasional berpengaruh positif terhadap semangat kerja. Motivasi kerja tidak berpengaruh terhadap semangat kerja. Komitmen organisasi berpengaruh positif terhadap semangat kerja.

References

Chaplin J.P., (1993). Dictionary of Psichology. Penerjemah Kartini Kartono, Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Skrypnek, Berna J dan Kinjerski, Val. (2008). Creating Organization Condition That Foster Employee Spirit at Work. Leadership and Organization Developmen. Journal, Vol 27 No.4.. pp: 280-295.

Crossley, C. (2006). Encyclopedia of Industrial Anda Organizatonal Psychology. Sage Publications.

Downloads

Published

2022-03-06