PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR SUZUKI DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABLE INTERVENING (Studi kasus pada pengguna sepeda motor di kota Padang)

Authors

  • Elvira Dwi Hutri Universitas Bung Hatta
  • Reni Yuliviona Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kualitas produk, harga, minat beli, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini menguji hubungan antara pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel mediasi. (Studi kasus pada pengguna sepeda motor di kota Padang). Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna sepeda motor yang berada di kota Padang. Dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang responden yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner dan pengumpulan data sekunder menggunakan survey terhadap pengguna sepeda motor Suzuki di kota Padang. Pengaruh antara faktor-faktor penentu dianalisis menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli dengan nilai p values sebesar 0,004. Minat Beli tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai p values sebesar 0,907. Harga memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli dengan nilai p values sebesar 0,000. Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai p values sebesar 0,000. Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai p values sebesar 0,836. Minat beli tidak berpengaruh signifikan berperan sebagai variable yang memediasi kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan nilai p values sebesar 0,919. Minat beli tidak berpengaruh signifikan berperan sebagai variable yang memediasi harga terhadap keputusan pembelian dengan p values 0,907.

References

Andrianto, H. N., & Idris. (2013). Pengaruh

Kualitas Produk, Citra Merek, Harga

Dan Promosi Terhadap Keputusan

Pembelian Mobil Jenis Mpv Merek

Toyota Kijang Innova Di Semarang.

Dipenogoro Journal Of Management,

(3), 1–10.

Hidayat, A. T., Elita, F. M., & Setiaman, A.

(2012). Hubungan Antara Atribut

Produk Dengan Minat Beli Konsumen.

Students E-Journal, 1(1), 19.

Http://Jurnal.Unpad.Ac.Id/Ejournal/Art

icle/View/1241/Pdf

Prastyo, D., & Saino. (2017). Pengaruh

Inovasi Dan Kualitas Produk Terhadap

Minat Beli Yoga Tablet Lenovo Di

Surabaya. 4(3), 57–71.

Http://Marefateadyan.Nashriyat.Ir/Nod

e/150

Prakoso, H. W., & Iriani, S. S. (2015).

Pengaruh Kualitas Produk Dan

Kelompok Acuan Terhadap Keputusan

Pembelian Sepeda Motor Suzuki Satria

F150. Journal Of Research In

Economics And Management (Jurnal

Riset Ekonomi Dan Manajemen), 15(2),

–279.

Downloads

Published

2022-03-07