PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR SUZUKI DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABLE INTERVENING (Studi kasus pada pengguna sepeda motor di kota Padang)
Keywords:
Kualitas produk, harga, minat beli, keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini menguji hubungan antara pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel mediasi. (Studi kasus pada pengguna sepeda motor di kota Padang). Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna sepeda motor yang berada di kota Padang. Dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang responden yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner dan pengumpulan data sekunder menggunakan survey terhadap pengguna sepeda motor Suzuki di kota Padang. Pengaruh antara faktor-faktor penentu dianalisis menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli dengan nilai p values sebesar 0,004. Minat Beli tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai p values sebesar 0,907. Harga memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli dengan nilai p values sebesar 0,000. Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai p values sebesar 0,000. Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai p values sebesar 0,836. Minat beli tidak berpengaruh signifikan berperan sebagai variable yang memediasi kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan nilai p values sebesar 0,919. Minat beli tidak berpengaruh signifikan berperan sebagai variable yang memediasi harga terhadap keputusan pembelian dengan p values 0,907.References
Andrianto, H. N., & Idris. (2013). Pengaruh
Kualitas Produk, Citra Merek, Harga
Dan Promosi Terhadap Keputusan
Pembelian Mobil Jenis Mpv Merek
Toyota Kijang Innova Di Semarang.
Dipenogoro Journal Of Management,
(3), 1–10.
Hidayat, A. T., Elita, F. M., & Setiaman, A.
(2012). Hubungan Antara Atribut
Produk Dengan Minat Beli Konsumen.
Students E-Journal, 1(1), 19.
Http://Jurnal.Unpad.Ac.Id/Ejournal/Art
icle/View/1241/Pdf
Prastyo, D., & Saino. (2017). Pengaruh
Inovasi Dan Kualitas Produk Terhadap
Minat Beli Yoga Tablet Lenovo Di
Surabaya. 4(3), 57–71.
Http://Marefateadyan.Nashriyat.Ir/Nod
e/150
Prakoso, H. W., & Iriani, S. S. (2015).
Pengaruh Kualitas Produk Dan
Kelompok Acuan Terhadap Keputusan
Pembelian Sepeda Motor Suzuki Satria
F150. Journal Of Research In
Economics And Management (Jurnal
Riset Ekonomi Dan Manajemen), 15(2),
–279.