PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN CUSTOMER RELATIONSHIP TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MELALUI CUSTOMER VALUE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA UD. TRI PUTRA DI KOTA PADANG

Authors

  • Tri Sayuti Ibahim Universitas Bung Hatta
  • Dahliana Kamener Universitas Bung Hatta

Keywords:

Citra Peusahaan, Hubungan Relasi Pelanggan, Nilai Pelanggan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Citra Perusahaan dan Hubungan Relasi Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan melalui Nilai Pelanggan sebagai variabel intervening pada UD.Tri Putra Kota Padang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Dengan mengedarkan kuesioner kepada 85 responden.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Citra Purusahaan dan Hubungan Relasi Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan melalui peningkatan Nilai Pelanggan pada UD.Tri Putra Kota Padang. Konstribusi variabel Citra Perusahaan dan Hubungan Relasi Pelanggan berpengaruh sebesar 92,8%, sedangkan sisanya 7,2% dipengaruhi varibel lain diluar penelitian ini, Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan citra perusahaan terhadap nilai pelanggan. Terdapat pengaruh postif dan signifikan hubungan pelanggan terhadap nilai pelanggan.

References

Akkas, N. (2016). Pengaruh Komunikasi

Pemasaran Terpadu terhadap Citra

Perusahaan dan dampaknya terhadap

kepuasan pelanggan membeli mobil pada

PT Hadji Kalla Cabang Palu. Katalogis,

(1).

Cannon et al. (2009). Pemasaran Dasar

Pendekatan Manajerial Global. In 2.

Farida, T. (2017). Pengaruh Customer

Relationship Management Dan Kualitas

Layanan Terhadap Kepuasan Dan

Loyalitas Investor PT Danareksa Medan.

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis,

(1).

Mustaan, M., & Hamdi, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Customer Value,

Image, dan Pemasaran Relasional

terhadap Kepuasan Pelanggan. VALID

Jurnal Ilmiah, 18(1), 43–55.

Senen, S., Krisnaldy, K., & Ishak, G. (2021).

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN

TERHADAP MOTIVASI (Studi Kasus

Yayasan Nurul Ihsan). Jurnal Arastirma,

(1), 165–172

Downloads

Published

2022-03-07