PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN CUSTOMER RELATIONSHIP TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MELALUI CUSTOMER VALUE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA UD. TRI PUTRA DI KOTA PADANG
Keywords:
Citra Peusahaan, Hubungan Relasi Pelanggan, Nilai Pelanggan, Kepuasan PelangganAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Citra Perusahaan dan Hubungan Relasi Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan melalui Nilai Pelanggan sebagai variabel intervening pada UD.Tri Putra Kota Padang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Dengan mengedarkan kuesioner kepada 85 responden.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Citra Purusahaan dan Hubungan Relasi Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan melalui peningkatan Nilai Pelanggan pada UD.Tri Putra Kota Padang. Konstribusi variabel Citra Perusahaan dan Hubungan Relasi Pelanggan berpengaruh sebesar 92,8%, sedangkan sisanya 7,2% dipengaruhi varibel lain diluar penelitian ini, Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan citra perusahaan terhadap nilai pelanggan. Terdapat pengaruh postif dan signifikan hubungan pelanggan terhadap nilai pelanggan.References
Akkas, N. (2016). Pengaruh Komunikasi
Pemasaran Terpadu terhadap Citra
Perusahaan dan dampaknya terhadap
kepuasan pelanggan membeli mobil pada
PT Hadji Kalla Cabang Palu. Katalogis,
(1).
Cannon et al. (2009). Pemasaran Dasar
Pendekatan Manajerial Global. In 2.
Farida, T. (2017). Pengaruh Customer
Relationship Management Dan Kualitas
Layanan Terhadap Kepuasan Dan
Loyalitas Investor PT Danareksa Medan.
Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis,
(1).
Mustaan, M., & Hamdi, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Customer Value,
Image, dan Pemasaran Relasional
terhadap Kepuasan Pelanggan. VALID
Jurnal Ilmiah, 18(1), 43–55.
Senen, S., Krisnaldy, K., & Ishak, G. (2021).
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN
TERHADAP MOTIVASI (Studi Kasus
Yayasan Nurul Ihsan). Jurnal Arastirma,
(1), 165–172