PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS (Studi Empiris Pada Konsumen Air Mineral Dalam Kemasan Merek Aqua Di Kota Padang)

Authors

  • Taufik Hari Adi Sibarani Universitas Bung Hatta
  • Mery Trianita Universitas Bung Hatta

Keywords:

Loyalitas Konsumen, Kualitas Produk dan Citra Merek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap loyalitas pada konsumen air mineral dalam kemasan merek Aqua. Pada penelitian ini, jumlah populasi konsumen yang mengkonsumsi air mineral dalam kemasan tidak terbatas maka ukuran sampel yang digunakan mengacu pada pendapat Sekaran (2017) yaitu dengan mengaitkan jumlah variabel dengan 20 sehingga jumlah atau ukuran sampel yang digunakan berjumlah 60 orang. Pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan menyebarkan dengan google form dan enyebaran secara langsung kepada konsumen minimal dua kali telah membeli dan mengkonsumsi air mineral dalam kemasaran merek Aqua. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dan pengujian t-statistik. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dalam mengkonsumsi air mineral dalam kemasan merek Aqua sedangkan hasil pengujian hipotesis kedua ditemukan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen mengkonsumsi air mineral dalam kemasan merek Aqua di Kota Padang

References

Fitrajaya, P. H., & Nurmahdi, A. (2019). The

Impact of Product Quality, Brand Image and

Service Quality toward Customer Loyalty. International Humanities and Applied

Science Journal, 2(3), 38–49. https://doi.org/10.22441/ihasj.2019.v2i2.05

Redo, F., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh

Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap

Loyalitas Konsumen Sepatu Futsal. Jurnal

Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 1(1), 69–78. [3] Sitanggang, J. M., Sinulingga, S., &

Fachruddin,K. A. (2019). Analysis Of The

Effect Of Product Quality On Customer

Satisfaction And Customer Loyalty Of

Indihome ATPT Telkom Regional 1 Sumatera, Medan, North Sumatra, Indonesia. American

International Journal of Business

Management (AIJBM, 2(3), 26–37. [4] Sugiyono. (2014). Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan R &

D (VI). Bandung: Alfabetha. [5] Tielung, M., Lumanauw, B., & Mangore, I. (2015). Analysis of Product Quality, Service

Quality and Brand Image To Customer

Loyalty At Tupperware Manado. Jurnal

Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan

Akuntansi, 3(2), 616–62

Downloads

Published

2022-03-07