PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS (Studi Empiris Pada Konsumen Air Mineral Dalam Kemasan Merek Aqua Di Kota Padang)
Keywords:
Loyalitas Konsumen, Kualitas Produk dan Citra MerekAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap loyalitas pada konsumen air mineral dalam kemasan merek Aqua. Pada penelitian ini, jumlah populasi konsumen yang mengkonsumsi air mineral dalam kemasan tidak terbatas maka ukuran sampel yang digunakan mengacu pada pendapat Sekaran (2017) yaitu dengan mengaitkan jumlah variabel dengan 20 sehingga jumlah atau ukuran sampel yang digunakan berjumlah 60 orang. Pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan menyebarkan dengan google form dan enyebaran secara langsung kepada konsumen minimal dua kali telah membeli dan mengkonsumsi air mineral dalam kemasaran merek Aqua. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dan pengujian t-statistik. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dalam mengkonsumsi air mineral dalam kemasan merek Aqua sedangkan hasil pengujian hipotesis kedua ditemukan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen mengkonsumsi air mineral dalam kemasan merek Aqua di Kota PadangReferences
Fitrajaya, P. H., & Nurmahdi, A. (2019). The
Impact of Product Quality, Brand Image and
Service Quality toward Customer Loyalty. International Humanities and Applied
Science Journal, 2(3), 38–49. https://doi.org/10.22441/ihasj.2019.v2i2.05
Redo, F., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh
Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap
Loyalitas Konsumen Sepatu Futsal. Jurnal
Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 1(1), 69–78. [3] Sitanggang, J. M., Sinulingga, S., &
Fachruddin,K. A. (2019). Analysis Of The
Effect Of Product Quality On Customer
Satisfaction And Customer Loyalty Of
Indihome ATPT Telkom Regional 1 Sumatera, Medan, North Sumatra, Indonesia. American
International Journal of Business
Management (AIJBM, 2(3), 26–37. [4] Sugiyono. (2014). Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan R &
D (VI). Bandung: Alfabetha. [5] Tielung, M., Lumanauw, B., & Mangore, I. (2015). Analysis of Product Quality, Service
Quality and Brand Image To Customer
Loyalty At Tupperware Manado. Jurnal
Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan
Akuntansi, 3(2), 616–62