PENGARUH SERVICE EXCELLENCE, KETEPATAN WAKTU DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA JASA PENGIRIMAN J&T EXPRESS PADANG (STUDI KASUS J&T EXPRESS CABANG MARAPALAM)

Authors

  • Widya Armanda Putri Universitas Bung Hatta
  • Zeshasina Rosha Universitas Bung Hatta

Keywords:

Service excellent, Ketepatan Waktu, Fasilitas, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan membuktikan secara empiris pengaruh service excellent, ketepatan waktu, dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada jasa pengiriman J&T Express Padang (studi kasus J&T Express Cabang Marapalam). Populasi penelitian ini adalah konsumen J&T Express cabang Marapalam Padang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 92 responden. Analisis yang digunakan untuk membuktikan kebenaran hipotesis adalah regresi linier berganda. Pengujian analisis dengan menggunakan SPSS versi 22.00. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa (1) Service excellent berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen J&T Express Padang (2) Ketepatan waktu berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen J&T Express Padang; dan (3) Fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen J&T Express Padang.

References

Andiri, Suci Ayu ( 2016). Pengaruh

Service Excellence Dan Difrensiasi

Produk Terhadap Kepuasan Konsumen

Pada Samudra Jaya Art Photo Bridal

Komplek Megaland Pematang Siantar.

Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol 1.

No. 1

Ahren Ferdinand. (2014). Metode

Penelitian Manejemen Pedoman

PenelitianUntuk Penuliasan Skripsi

Dan Tesis Disertai Ilmu Manajemen.

Badan Penerbit Universitas

Diponegoro.

Arikunto, S.2006. Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktek. Cetakan

ketujuh, Rineka Cipta, Yogyakarta.

Barata, Atep Adya. 2016. Dasar dasar

pelayanan Prima. Jakarta: Elex Media

Komputindo.

Eviani, Intan dan Hidayat, Yusup

Rachmat (2021) Pengaruh Sistem

Pelacakan Online dan Ketepatan

Waktu Pengiriman Terhadap Kepuasan

Konsumen (Studi Kasus J&T Express

Kota Baru Bekasi). Jurnal Manajemen

Logistik. Vol.1, No1 ,Januari 2021, pp.

-19

Farida, Ayu & Hardianawati. (2019)

Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap

Kepuasan Nasabah Pada Pt. Bank

Mandiri (Persero), Tbk. Cabang

Pahlawan Revolusi Baru. Jurnal

Administrasi Bisnis Vol. 3 No. 2.

Ghozali, M. (2014). Pengaruh Kualitas

Pelayanan Dan Harga Terhadap

Kepuasan Konsumen Pada Expedisi Di

Surabaya. Ilmu & Riset Manajemen,

(1), 1–18.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2015).

Capítulo 12: Canales De Marketing:

Transferencia De Valor Para El

Cliente. In Marketing

Downloads

Published

2022-03-07