PENGARUH E-SERVICE QUALITY, VIRAL MARKETING, DAN ONLINE CONSUMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN BERBELANJA ONLINE PADA BUKALAPAK DI KOTA PADANG

Authors

  • Monica Friscilia Universitas Bung Hatta
  • Linda Wati Universitas Bung Hatta

Keywords:

E-Service Quality, Viral marketing, Online Consumer Review, Keputusan Berbelanja Online

Abstract

Bukalapak merupakan salah satu situs jual beli online terbesar di Indonesia, berdiri pada tahun 2010 didirikan oleh Achmad Zacky. Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari konsumen ke konsumen di mana pun. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh e-service quality terhadap keputusan berbelanja online pada Bukalapak di Kota Padang, (2) mengetahui pengaruh viral marketing terhadap keputusan berbelanja online pada Bukalapak di Kota Padang, (3) mengetahui pengaruh online customer review terhadap keputusan berbelanja online pada Bukalapak di Kota Padang. Dalam penelitian ini yang menjadi objek yang diteliti konsumen yang berbelanja online pada Bukalapak di kota Padang, dengan jumlah sampel yang diperoleh menggunakan rumus Cochran berjumlah 138. Metode penarikan sampel Dalam penelitian ini teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling, Dalam penelitian ini yang menjadi sampel dari populasi diatas adalah konsumen yang berbelanja online pada Bukalapak di kota Padang. Jenis data yang digunakan adalah data primer, dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara online menggunakan google form. Aplikasi yang digunakan untuk mengolah data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS, kesimpulan dalam penelitian ini yaitu : (1) E-service quality berpengaruh positif terhadap keputusan berbelanja online pada Bukalapak Di Kota Padang, (2) Viral marketing berpengaruh positif terhadap keputusan berbelanja online pada Bukalapak Di Kota Padang, dan (3) Online consumer review berpengaruh positif terhadap keputusan berbelanja online pada Bukalapak Di Kota Padang.

References

Schiffman, Kanuk,. (2010) :

Perilaku Konsumen, Edisi 10.;

Indeks, Jakarta.

Kotler, Phillip & Keller, Kevin L

(2016). Maeketing Manajement

th Edition England: Pearson.

Laudon, Kenneth C &

Traver, Carol Guercio.2014.

E-commerce 2014,

Business.Technology.Society,

Tenth Edition. England: Pearson

Educated Limited.

Lackermair, G., Kailer, D. &

Kanmaz, K., 2013. Importance

of Online Product Reviews from

a Consumer ’ s Perspective. , 1(1),

pp

Downloads

Published

2022-03-07