PENGARUH ONLINE REVIEW, RATING DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE

Authors

  • Elma Fiona Universitas Bung Hatta
  • Zeshasina Rosha Universitas Bung Hatta

Keywords:

review rating kepercayaan keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online review, rating dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Shopee (Studi kasus pada pengguna Shopee di Kecamatan Kapur IX). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner.Populasi penelitian ini adalah masyarakat di Kecamatan Kapur IX, Kabupaten 50 Kota yang telah melakukan pembelian melalui Marketplace Shopee. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS dengan teknik analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Online review tidak memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Shopee; 2) Rating tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Shopee; 3) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Shopee

References

Agustiningrum, Dian dan Andjarwati, Anik, Lestari (2021). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap

Keputusan Pembelian di Marketplace. Jurnal

Ilmu Manajemen Volume 9 Nomor 3

Arbaini, Pratiwi. Wahab, Zakariah dan

Widiyanti, Marlinah (2020) Pengaruh

Consumer Online Rating Dan Review

Terhadap Keputusan Pembelian Pada

Pengguna Marketplace Tokopedia. Jurnal

Bisnis dan Manajemen. Volume 7 No 1. Hlm. 25-33

Filieri, L. R., 2014. What Makes Online

Reviews Helpful? A Diagnosticity-Adoption

Framework To Explain Informational And

Normative Influences In E-Wom. Journal Of

Business Research, 68(6), Pp.1261–1270

Ilmiyah, Khafidatul dan Krishernawan, Indra

(2020) Pengaruh Ulasan Produk,Kemudahan, Kepercayaan, dan Harga Terhadap Keputusan

Pembelian Pada Marketplace Shopee di

Mojokerto. Jurnal Manajemen Program Studi

Manajemen STIE Sultan Agung Volume 6– Nomor 1, Juni 2020, (Hlm 31-42)

Kotler, Philip dan Lane Keller (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1

Jakarta: Erlangga

Li, N. And Zhang, P. (2002), “Consumer

Online Shopping Attitudes And Behavior”: An

Assessment Of Research

Downloads

Published

2022-03-07