PENGARUH ONLINE REVIEW, RATING DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE
Keywords:
review rating kepercayaan keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online review, rating dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Shopee (Studi kasus pada pengguna Shopee di Kecamatan Kapur IX). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner.Populasi penelitian ini adalah masyarakat di Kecamatan Kapur IX, Kabupaten 50 Kota yang telah melakukan pembelian melalui Marketplace Shopee. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS dengan teknik analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Online review tidak memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Shopee; 2) Rating tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Shopee; 3) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Marketplace ShopeeReferences
Agustiningrum, Dian dan Andjarwati, Anik, Lestari (2021). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap
Keputusan Pembelian di Marketplace. Jurnal
Ilmu Manajemen Volume 9 Nomor 3
Arbaini, Pratiwi. Wahab, Zakariah dan
Widiyanti, Marlinah (2020) Pengaruh
Consumer Online Rating Dan Review
Terhadap Keputusan Pembelian Pada
Pengguna Marketplace Tokopedia. Jurnal
Bisnis dan Manajemen. Volume 7 No 1. Hlm. 25-33
Filieri, L. R., 2014. What Makes Online
Reviews Helpful? A Diagnosticity-Adoption
Framework To Explain Informational And
Normative Influences In E-Wom. Journal Of
Business Research, 68(6), Pp.1261–1270
Ilmiyah, Khafidatul dan Krishernawan, Indra
(2020) Pengaruh Ulasan Produk,Kemudahan, Kepercayaan, dan Harga Terhadap Keputusan
Pembelian Pada Marketplace Shopee di
Mojokerto. Jurnal Manajemen Program Studi
Manajemen STIE Sultan Agung Volume 6– Nomor 1, Juni 2020, (Hlm 31-42)
Kotler, Philip dan Lane Keller (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1
Jakarta: Erlangga
Li, N. And Zhang, P. (2002), “Consumer
Online Shopping Attitudes And Behavior”: An
Assessment Of Research