PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MAKE OVER DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pelanggan Make Over di Kota Padang)

Authors

  • Ragita Dwi Oktari Universitas Bung Hatta
  • Linda Wati Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kualitas Produk, Nilai Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk dan nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasaan pelanggan sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner.Populasi dansampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan Make Over di kota Padang yang berjumlah sebanyak 80 responden. Metode analisa data dalampenelitianiniadalah PLS dan SPSS. Hipotesis dalam penelitian ini di uji dengan menggunakan metode analisis meliputi: Measurement Model Assessment, AnalisisDeskriptif, R Square, Q square danStructural Model Assessment. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan tidak berpengaruh positif terhadap loyalitas. Nilai pelanggan tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Nilai pelanggan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas Produk berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas Produk berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan memediasi antara kualitas produk dan loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan tidak memediasi antara nilai pelanggan dan loyalitas pelanggan pelanggan Make Over di kota Padang.

References

Bailia, soegoto dan loindong. (2014). Jurnal EMBA. Jurnal EMBA, 2(3), 1768–1780.

Edwards, D., Griffin, T. T., Dredge, D., Jamal, T., Eagles, P. F. J., Saarinen, J., … Frawley, S. (2013). Editorial Board.

Ikasari, A. U., Suryoko, S., & Nurseto, S. (2013). KEPUASAN PELANGGAN ( Studi kasus pada penumpang KA Kaligung Mas di Stasiun Poncol Semarang ) PENDAHULUAN Latar Belakang Pada era globalisasi ini di indonesia yang didalamnya terjadi perkembangan kehidupan manusia yang semakin pesat dan padat dan diiringi. Diponegoro Journal of Social and Politic, 1–8.

Jamaluddin, J., & Ruswanti, E. (2017). Impact of Service Quality and Customer Satisfaction on Customer Loyalty: A Case Study in a Private Hospital in Indonesia.

Kotler dan Keller. (2017). Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT.Indeks,. Jakarta. (ketiga). In Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi.

Syarifuddin Hasan. (2014). Analisis Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas (Studi Kasus Pada BMT Cengkareng). XXIX(1), 561–565.

Wijanarko, K. S. (2014). Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Menggunakan Smartphone Samsung Galaxy Series Di Kota Palu.

Downloads

Published

2022-03-07