PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, KEPERCAYAAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEUPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA INDIHOME DI KOTA PADANG
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepercayaan, Harga, Kepuasan pelanggan, Loyalitas pelangganAbstract
Penelitian ini menguji hubungan antara pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk kepercayaan dan harga terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi pada Indihome Di Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna sepeda motor yang berada di kota Padang. Dengan jumlah sampel sebanyak 120 orang responden yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner dan pengumpulan data sekunder menggunakan survey terhadap pengguna pada Indihome Di Kota Padang. Pengaruh antara faktor-faktor penentu dianalisis menggunakan software SmartPLS 3.0. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Indihome di kota Padang. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Indihome di kota Padang. Kepercayaan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Indihome di kota Padang. Harga tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Indihome di kota Padang. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasaan pelanggan pada Indihome di kota Padang. Kualitas produk tidak berpengaruh terhadap kepuasaan pelanggan pada Indihome di kota Padang. Kepercayaan tidak berpengaruh terhadap kepuasaan pelanggan pada Indihome di kota Padang. Harga tidak berpengaruh terhadap kepuasaan pelanggan pada Indihome di kota Padang. Bahwa kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Indihome di kota Padang. Kepuasan pelanggan mempengaruhi hubungan antara kualitas pelayanan dan loyalitas pelanggan pada Indihome dikota Padang. Kepuasan pelanggan tidak berpengaruh terhadap hubungan antara kualitas produk dan loyalitas pelanggan pada Indihome dikota Padang. Kepuasan pelanggan tidak berpengaruh terhadap hubungan antara kepercayaan dan loyalitas pelanggan pada Indihome dikota Padang dan Kepuasan pelanggan tidak berpengaruh terhadap hubungan antara harga dan loyalitas pelanggan pada Indihome dikota PadangReferences
Ghozali, M. (2014). Pengaruh Kualitas
Pelayanan Dan Harga Terhadap
Kepuasan Pelanggan Pada Expedisi Di
Surabaya. Ilmu & Riset Manajemen,
(1), 1–18.
Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M.
(2012). Partial Least Squares: The
Better Approach To Structural
Equation Modeling? Long Range
Planning.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2013).
Capítulo 12: Canales De Marketing:
Transferencia De Valor Para El Cliente.
In Marketing.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2011).
Marketing Management. In
Organization (Vol. 22, Nomor 4).
Panca Winahyuningsih. (2020). Pengaruh
Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Kepuasan Konsumen Pada
Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media
Wahana Ekonomika, 17(4), 329.
Sembiring, I. (2014). Pengaruh Kualitas
Produk Dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam
Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi
Pada Pelanggan Mcdonaldâs
MT.Haryono Malang). Jurnal
Administrasi Bisnis S1 Universitas
Brawijaya, 15(1), 84504.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In
Bandung: Alfabeta.
Tjiptono. (2010). Kepuasan Pelanggan.
Ziqmund William. (2013). Marketing.
South-Western College Publik