PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, KEPERCAYAAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEUPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA INDIHOME DI KOTA PADANG

Authors

  • Lisma Septialiani Universitas Bung Hatta
  • Reni Yuliviona Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepercayaan, Harga, Kepuasan pelanggan, Loyalitas pelanggan

Abstract

Penelitian ini menguji hubungan antara pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk kepercayaan dan harga terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi pada Indihome Di Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna sepeda motor yang berada di kota Padang. Dengan jumlah sampel sebanyak 120 orang responden yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner dan pengumpulan data sekunder menggunakan survey terhadap pengguna pada Indihome Di Kota Padang. Pengaruh antara faktor-faktor penentu dianalisis menggunakan software SmartPLS 3.0. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Indihome di kota Padang. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Indihome di kota Padang. Kepercayaan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Indihome di kota Padang. Harga tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Indihome di kota Padang. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasaan pelanggan pada Indihome di kota Padang. Kualitas produk tidak berpengaruh terhadap kepuasaan pelanggan pada Indihome di kota Padang. Kepercayaan tidak berpengaruh terhadap kepuasaan pelanggan pada Indihome di kota Padang. Harga tidak berpengaruh terhadap kepuasaan pelanggan pada Indihome di kota Padang. Bahwa kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Indihome di kota Padang. Kepuasan pelanggan mempengaruhi hubungan antara kualitas pelayanan dan loyalitas pelanggan pada Indihome dikota Padang. Kepuasan pelanggan tidak berpengaruh terhadap hubungan antara kualitas produk dan loyalitas pelanggan pada Indihome dikota Padang. Kepuasan pelanggan tidak berpengaruh terhadap hubungan antara kepercayaan dan loyalitas pelanggan pada Indihome dikota Padang dan Kepuasan pelanggan tidak berpengaruh terhadap hubungan antara harga dan loyalitas pelanggan pada Indihome dikota Padang

References

Ghozali, M. (2014). Pengaruh Kualitas

Pelayanan Dan Harga Terhadap

Kepuasan Pelanggan Pada Expedisi Di

Surabaya. Ilmu & Riset Manajemen,

(1), 1–18.

Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M.

(2012). Partial Least Squares: The

Better Approach To Structural

Equation Modeling? Long Range

Planning.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2013).

Capítulo 12: Canales De Marketing:

Transferencia De Valor Para El Cliente.

In Marketing.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2011).

Marketing Management. In

Organization (Vol. 22, Nomor 4).

Panca Winahyuningsih. (2020). Pengaruh

Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan

Terhadap Kepuasan Konsumen Pada

Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media

Wahana Ekonomika, 17(4), 329.

Sembiring, I. (2014). Pengaruh Kualitas

Produk Dan Kualitas Pelayanan

Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam

Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi

Pada Pelanggan Mcdonaldâs

MT.Haryono Malang). Jurnal

Administrasi Bisnis S1 Universitas

Brawijaya, 15(1), 84504.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In

Bandung: Alfabeta.

Tjiptono. (2010). Kepuasan Pelanggan.

Ziqmund William. (2013). Marketing.

South-Western College Publik

Downloads

Published

2022-03-07