ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI SUMATERA BARAT

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI SUMATERA BARAT

Authors

  • Fajar Agustin
  • Alvis Rozani

Keywords:

Kemiskinan, Gini Rasio, Laju Pertumbuhan PDRB, dan Ideks Pembagunan Manusia

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk analisis pengaruh Kemiskinan, Gini rasio, Laju Pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto terhadap Indeks Pembagunan di Sumatra Barat, Penelitian menggunakan data sekunder yaitu data Kemiskinan, Gini rasio, Laju Pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto terhadap Indeks Pembagunan yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Indonesia, Dengan menggunakan metode studi pustaka. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah adalah data panel yang merupakan penggabungan data Time Series dan Cross Section. dengan menggunakan program eviews 9. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa kemiskinan berpengaruh signifikan terhadap indeks pembangunan manusia, Gini Rasio tidak berpengaruh signifikan terhadap indeks pembangunan manusia. Sedangkan Laju Pertumbuhan Produk Domestic Regional Bruto berpengaruh signifikan terhadap indeks pembangunan manusia.

References

Adisasmita, Rahardjo. (2005). Dasardasar Ekonomi Wilayah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Haqq Mahbub (2008), ―Reflections on human Development‖, Oxford University Press, New York

Hopkins, M. (1991). Human development revisited: A new UNDP report. World Development, 19(10), 1469-1473.

Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Barat. Ringkasan Thesis; Pontianak,

Kuncoro, M (2010), ―Ekonomika Pembangunan‖, Erlangga. Jakarta

Kuncoro, M., & Widjajanto, K. (2001). Analisis profil dan masalah industri kecil dan rumah tangga: Studi kasus di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Economic Journal of Emerging Markets, 6(1), 33-52.170.

Sukirno, Sadono (2000), ―Makro ekonomi Modern: Perkembangan Pemikiran Dari Klasik Hingga Keynisian Baru‖, PT Raja Grafindo Pustaka, Jakarta

Todaro, M. P & Smith, S. SC. 2006. Pembangunan Ekonomi Edisi Sembilan Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Todaro, Michael P dan Stephen C. Smith. (2006). Pembangunan Ekonomi. Edisi ke-9.Terjemahan oleh Haris Munandar dan Puji A.I. Erlangga. Jakarta (On- line)

Yacoub, Yarlina. (2012). Pengaruh Tingkat Pengangguran terhadap Tingkat Kemiskinan Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Ekonomi Sosial. Pontianak Universitas Tanjungpura. Pontianak

Downloads

Published

2022-03-11