PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK (STUDI KASUS MINUMAN MEREK MIZONE DI KOTA PADANG)

Authors

  • mujahidin mujahidin
  • Yuhelmi yuhelmi

Abstract

Untuk dapat bertahan dalam persaingan yang semakin ketat, maka produsen dituntut lebih memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen terutama pada strategi untuk mempertahankan loyalitas konsumennya. Menjaga kepercayaan merek akan meningkatkan loyalitas konsumen terhadap sebuah produk.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kepercayaan merek yang diukur dengan karakteristik merek, karakteristik perusahaan, dan karakteristik konsumen terhadap loyalitas merek. Merek yang diteliti adalah minuman merek Mizone, populasi dalam penelitian ini seluruh konsumen minuman Mizone di Kota Padang, jumlah responden adalah 100 responden dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling, metode analisa yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 16.0.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan merek yang diukur dengan karakteristik konsumen  berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek, sedangkan karakteristik merek dan karakteristik perusahaan tidak berpengaruh terhadap loyalitas merek.

Kata Kunci: Kepercayaan merek, loyalitas merek

 

Published

2013-03-18