PENGARUH BUDAYA KOLABORATIF DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP INOVASI: KNOWLEDGE SHARING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Hotel Bintang Dua di Kota Padang)

Authors

  • Naldi Hendri Universitas Bung Hatta
  • Listiana Sri Mulatsih Universitas Bung Hatta
  • Irwan Muslim Universitas Bung Hatta

Keywords:

Budaya kolaboratif, Budaya organisasi, Knowledge sharing, Inovasi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya kolaboratif dan budaya organisasiterhadap inovasi dan knowledge sharing sebagai variabel mediasi. Penelitian inimengeksplorasi pengaruh berbagai kombinasi budaya kolaboratif, budaya organisasi, knowledge sharing dan inovasi pada Hotel Bintang Dua di Kota Padang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan random sampling. Secara total, 105 kuesioner onlineyang yang disebar melalui tautan dan 99 yang valid dikumpulkan dan dianalisis dari 11 HotelBintang Dua di Kota Padang. Pengaruh antara faktor-faktor penentu dianalisis menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa budaya kolaboratif tidak berpengaruh terhadap inovasi bidang pelayanan hotel bintang dua dikota Padang. Budayakolaboratif berpengaruh pada knowledge sharing, budaya organisasi berpengaruh pada inovasi,budaya organisasi berpengaruh pada knowledge sharing, dan knowledge sharing berpengaruh pada inovasi, knowledge sharing memediasi hubungan antara budaya kolaboratif dan inovasi, knowledge sharing memediasi hubungan antara budaya organisasi dan inovasi.

References

(1) Lestari, E. R. (2019). Manajemen Inovasi:

Upaya Meraih Keunggulan Kompetitif.

Universitas Brawijaya Press.

(2) Le, P. B., Lei, H., Le, T. T., Gong, J., &

Ha, A. T. (2020). Developing a

collaborative culture for radical and

incremental

innovation:

the

mediating roles of tacit

and

explicit knowledge sharing. Chinese

Management Studies.

(3) Hair Jr, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., &

Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least

squares structural equation modeling

(PLS-SEM): An emerging tool in

business research. European business

review.

(4) Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least

Squares : Konsep, Teknik dan Aplikasi

Menggunakan Program SmartPLS 3.0.

Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

(5) Kenny, B., & Reedy, E. (2006). The impact

of organisational culture factors on

innovation levels in SMEs: An empirical

investigation. Irish

Journal

of

Management, 27(2).

(6) Preacher, K. J., & Hayes, A. F. (2008).

Asymptotic and resampling strategies for

assessing and comparing indirect effects

in multiple mediator models. Behavior

research methods, 40(3), 879-891.

(7) Zhao, Xinshu J. G. (2010). Reconsidering

Baron and Kenny: Myths and Truths

about Mediation Analysis. Journal Of

Customer Research.197-206.

Downloads

Published

2022-08-04