PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN SISTIM KERJA BERKINERJA TINGGI TERHADAP KREATIVITAS PEGAWAI DENGAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI EMPIRIS RS. UNAND PADANG)

Authors

  • Ihsan Putera Universitas Bung Hatta
  • Sefnedi Sefnedi Universitas Bung Hatta
  • Reni Yuliviona Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kreatifitas Pegawai, Kepemimpinan Transformasional, Sistem Kerja Berkinerja Tinggi, Persepsi Dukungan Organisasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan serta menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kreatifitas pegawai, kepemimpinan transformasional terhadap persepsi dukungan organisasi, persepsi dukungan organisasi terhadap kreatifitas pegawai, sistem kerja berkinerja tinggi terhadap kreatifitas pegawai, sistem kerja berkinerja tinggi terhadap persepsi dukungan organisasi, persepsi dukungan organisasi yang memediasi hubungan antara kepemimpinan transformasional dan kreatifitas pegawai serta persepsi dukungan organisasi yang memediasi hubungan antara sistem kerja berkinerja tinggi dan kreatifitas pegawai. Teknik pengujian kuantitatif digunakan untuk menguji tujuh hipotesis melalui survei yang menggunakan skala likert lima poin. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Data diperoleh dari 104 responden Pegawai Tenaga Kesehatan Rumah Sakit UNAND. Pengaruh variabel tersebut dianalisis dengan menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dari kepemimpinan transformasional terhadap kreatifitas pegawai, kepemimpinan transformasional terhadap persepsi dukungan organisasi, persepsi dukungan organisasi terhadap kreatifitas pegawai, sistem kerja berkinerja tinggi terhadap kreatifitas pegawai dan sistem kerja berkinerja tinggi terhadap persepsi dukungan organisasi, disisi lainnya persepsi dukungan organisasi tidak memediasi hubungan antara kepemimpinan transformasional dan kreatifitas pegawai dan persepsi dukungan organisasi tidak memediasi hubungan antara sistem kerja berkinerja tinggi dan kreatifitas pegawai.

References

Ghozali, Imam., Latan, Hengki. (2015).

Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan

Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris.

Semarang: BP Undip.

Hair, Joseph E, Jr et al. (2014). A Primer on

Partial Least Squares Structural Equation

Modeeling

{PLS-SEM).

SAGE

Publications,Inc. California. USA.

Ibrahim, H. I., Isa, A., & Shahbudin, A. S. M.

(2016). Organizational Support and

Creativity: The Role of Developmental

Experiences as a Moderator. Procedia

Economics and Finance, 35(October 2015),

–514.

Masrukhin, M. A. (2014). Praktik Sistem

Kerja Berkinerja Tinggi terhadap Komitmen

Afektif dengan Mediasi Keadilan

Prosedural. JDM

(Jurnal Dinamika

Manajemen), 5(1).

Sefnedi., Akmal., dan Nelva, Sesmita (2020)The Mediating Effect of Patient Satisfaction on

The Relationship between Service QualityHospital Image, Trust and Patient Loyalty:Evidence from Indonesia. International Journaof Research Science & Management 7(2).

Downloads

Published

2022-08-04