PENGARUH NET EKSPOR, KURS DAN FOREIGN DIRECT INVESMENT TERHADAP CADANGAN DEVISA DI 5 NEGARA ASEAN

PENGARUH NET EKSPOR, KURS DAN FOREIGN DIRECT INVESMENT TERHADAP CADANGAN DEVISA DI 5 NEGARA ASEAN

Authors

  • Zaqiah Ramadhani
  • Kasman Karimi

Keywords:

Net Ekspor, Kurs, Cadangan Devisa

Abstract

Cadangan devisa merupakan peranan yang penting dan merupakan indikaror untuk menunjukan kuat atau lemahnya fundamental perekonomian suatu negara, serta dapat menghindari krisis ekonomi dan keuangan suatu negara (Priadi dan sekar, 2008:123). Cadangan devisa suatu negara dapat dipengaruhi oleh net ekspor yang dicatat pada neraca transaksi berjalan dan modal. Cadangan devisa dipengaruhi net ekspor sebab apabila net ekpor mengalami peningkatan maka sumber pendapatan negara juga akan mengalami peningkatan seiring ditandai dengan tingginya ekspor daripada impor. Tambunan (2001:157) Selain ekspor variabel lain yang mempengaruhi cadangan devisa adalah kurs. Kurs atau valuta asing sebagaimana yang dijelaskan oleh Mankiw (2006:128) adalah tingkat harga yang telah disepakati oleh dua negara yang saling melakukan perdagangan. Ekspor merupakan salah satu sumber cadangan devisa dikarenakan saat terjadinya transaksi ekspor, negara akan mendapatkan pemasukan dalam bentuk valuta asing. Jika jumlah ekspor naik maka cadangan devisa akan naik pula (Agustina, 2014). Selain itu, investasi juga memegang peranan penting terhadap pembangunan ekonomi suatu Negara. Investasi terdiri dari dua jenis yaitu Investasi Domestik dan Investasi Asing. Pada investasi asing, aliran modal yang masuk ke suatu negara akan meningkatkan persediaan cadangan devisa suatu Negara. Hal ini dikarenakan komponen terbesar cadangan devisa berupa valuta asing, dimana valuta asing dapat diperoleh dari investasi asing. Aliran dana FDI menjadi penting dan mutlak diperlukan didalam mendorong peningkatan produktivitas yang akan berdampak pada naiknya pendapatan nasional dalam bentuk Produk Domestik Bruto (PDB) atau pun peningkatan ekspor (Safitriani, 2014). Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan, dapat diartikan bahwa dalam upaya mempertahankan cadangan devisa pada tingkat yang lebih aman perlu diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi cadangan devisa negara yaitu Net \ ekspor, Kurs , Foreign Direct Investment (FDI).

References

Agustina, A. (2014). Pengaruh Ekspor, Impor, Nilai Tukar Rupiah dan Tingkat Inflasi Terhadap Cadangan Devisa Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil: JWEM, 4(2), 61–70.

Safitriani, S. (2014). Perdagangan internasional dan foreign direct investment di Indonesia. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, 8(1), 93–116

Downloads

Published

2022-08-05