ANALISIS POTENSI SEKTOR PERTANIAN DI KABUPATEN SOLOK SELATAN

ANALISIS POTENSI SEKTOR PERTANIAN DI KABUPATEN SOLOK SELATAN

Authors

  • Zahratul Khaira
  • Nurul Huda

Keywords:

Pertanian, Ekonomi, Solok selatan

Abstract

Pada dasarnya pembangunan daerah merupakan bagian yang terintegrasi dengan pembangunan nasional. Pembangunan daerah diarahkan untuk mencapai target nasional yang disesuaikan dengan potensi, aspirasi, dan masalah pembangunan di daerah. Maka dari itu, upaya terwujudnya pembangunan nasional merupakan tanggung jawab bersama pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota sehingga pembangunan nasional merupakan satu kesatuan yang saling bersinergi antar kinerja pembangunan daerah (Kuncoro, 2012) Sadono Sukirno (1985:13) mendefinisikan pembangunan ekonomi sebagai suatu proses yang menyebabkan pendapatan perkapita penduduk suatu masyarakat meningkat dalam jangka panjang. Di wilayah Sumatera Barat banyak mempunyai sumber daya alam yang mempuni yang bisa di manfaatkan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Khususnya di daerah kabupaten Solok Selatan. Terutama banyak Sektor dari pertanian yang berpotensi untuk ditingkatkan. Mulai dari perkebunan, tanaman pangan, hortikultura, dan peternakan. Kabupaten Solok Selatan merupakan salah satu kabupaten yang ada di Sumatera Barat yang masih mempunyai wilayah pengembangan pertanian sebagai sumberdaya yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan meningkatkan produksi pertanian dan kesejahteraan masyarakat Oleh karena itu pembangunan daerah dilaksanakan secara terpadu dan serasi serta diarahkan agar pembangunan yang berlangsung di setiap daerah benar benar sesuai dengan prioritas dan potensi daerah. Pembangunan daerah merupakan suatu proses pemerintah daerah dan masyarakat mengelola sumber daya yang ada dalam bentuk suatu pola kemitraan, antara pemerintah daerah, masyarakat serta sektor swasta, untuk mengembangkan potensi yang ada dengan cara mendayagunakan seluruh potensi yang ada (Ayu Monica et al., 2019) Jika Perekonomian di bagian komoditas sektor pertanian perekonomian Solok Selatan akan lebih maju karena Pertanian merupakan penopang ekonomi paling dominan di Solok Selatan. Hampir 90 % penduduk Solok Selatan bermata pencarian sebagai petani. Kegiatan ekonomi yang berbasis pada tanaman pangan merupakan kegiatan yang sangat penting (strategis) di Indonesia.

References

Ayu Monica, C., Marwa, T., & Yulianita, A. (2019). Analisis Potensi Daerah Sebagai Upaya Meningkatkan Perekonomian Daerah Di Sumatera Bagian Selatan. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 15(1), 60–68.

Kuncoro, M. (2004). Otonomi dan Pembangunan Daerah Reformasi Perencanaan Strategi, dan Peluang, Penerbit Erlangga, Jakarta

Sukirno, S. (2006). Ekonomi Pembangunan: Proses, Masalah, dan Dasar Kebijakan. Jakarta: Prenda Media Group.

Downloads

Published

2022-08-05