FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT WISATAWAN BERKUNJUNG KE OBYEK WISATA PANTAI GONDARIAH DI KOTA PARIAMAN

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT WISATAWAN BERKUNJUNG KE OBYEK WISATA PANTAI GONDARIAH DI KOTA PARIAMAN

Authors

  • Diego Maestro Hernandez
  • Irwan Muslim

Keywords:

Pendapatan, Minat wisatawan, obyek wisata

Abstract

Pengaruh pendapatan meruapakan sejumlah keuntungan atau balas yang di terima individu dalam bekerja. Pendapatan memiliki arti yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan hidup, salah satu kebutuhan yang di peroleh melalui pendapatan. Pengaruh fasilitas dan prasarana menjadi salah satu instrument yang di amati dan di pertimbangkan ketika mengunjungi objek wisata. Didalam pemilihan sebuah objek harus memiliki kelengkapan dan berbagai fasilitas seperti lokasi yang di anggap strategis, lokasi yang memiliki kelengkapan transportasi dan komunikasi, lokasi wisata dekat dengan daerah pemasaran, dan memiliki sistem pemasaran yang jitu. Faktor keamanan merupakan fasilitas yang dapat menjamin keselamatan harta benda atau pun fisik dan jiwa wisatawan. Pada umumnya tempat wisata tentu menyediakan bagian khusus yang berhubungan dengan keamanan. Pada penelitian ini peneliti membuat sejumlah perbedaan dengan penelitian sebelumnya. Perbedaan yang di lakukan antara lain menambahkan variabel baru yang juga mempengaruhi minat wisatawan mengunjungi objek wisata pantai yaitu pelayanan, pendapatan, fasilitas dan prasarana, dan keamanan. Perbedaan juga dilakukan pada wilayah penelitian yang relatif berbeda, situasi ekonomi dan masyarakat yang berbeda, oleh sebab itu di harapkan perbedaan tersebut dapat meningkatkan ketepatan dan akurasi hasil penelitian yang lebih baik.

References

Arikunto, S. (2006).ManajemenPenelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Borjas, G. J. 2008. Labor Economics Fourth Edition. New York: Mc Graw-Hill

Budiono, Imran Arifin, Lukman Dhendawidjaya.2009. Ekonomi Uang Dan Bank. Badan Penerbit Universitas Indonesia, Jakarta

Elitan Zimerman. 2001. Management Strategict. Edisi Indonesia, Gramedia Pustaka Jakarta

Faizal, M. A., & Arianti, F. (2015). “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUNJUNGAN WISATAWAN KE PANTAI KARTINI, JEPARA” (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Ghozali, I. (2010). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat, Penerbit Universitas Diponegoro. International, Inc, New Jersey.

Gujarati, D. (2003). Ekonometrika Dasar (terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Hawkins, Del. I., Mothersbaugh, David L., and J. Best, Roger. 2007. “Consumer Behavior Building Marketing Strategy”. USA : Mc. Graw Hill.

Husen Umar.2010. Metodologi Penelitian Bisnis. BPFE, Yogyakarta.

Ilham Willy Dan Nasrul, 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kelengkapan Saranan Dan Keamanan Terhadap Minat Wisatawan Mengunjungi Objek Wisata Pantai Kuta. Jurnal Ekonomical Volume 1 Nomor 2. Universitas Udayana, Bali.

Downloads

Published

2023-03-01