PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA COFFEE SHOP DIKOTA PADANG

Authors

  • Riki Afriwan Wahyudi Universitas Bung Hatta
  • Ice Kamela Universitas Bung Hatta

Keywords:

Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Kinerja Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada coffee shop di Kota Padang. Populasi pada penelitin ini seluruh pelaku usaha coffee shop di Kota Padang, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang pelaku usaha. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Jenis data menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner. Metode analisa data menggunakan Partial Least Square (PLS). Dari hasil penelitian ditemukan orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran pada coffee shop di Kota Padang. Orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran pada coffee shop di Kota Padang dan inovasi produk berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran pada coffee shop di Kota Padang.

References

. Herlyana E. Fenomena Coffee Shop Sebagai Gejala Gaya Hidup Baru Kaum Muda. ThaqÃfiyyÃT. 2012;13[1]:187–204.

. Sulaeman M. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran [Studi Pada Industri Tahu Di Sentra Industri Tahu Kota Banjar]. J Ilm Adm Bisnis dan Inov. 2018;2[1]:154–66.

. Mustikowati RI, Tysari I. Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, Dan Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan [Studi Pada Ukm Sentra Kabupaten Malang]. J Ekon Mod. 2015;10[1]:23–37.

. McDaniel BA. Entrepreneurship and Innovation: An Economic Approach. M.E.Sharpe,Inc, New Yor; 2002.

. Urbancova H. Competitive Advantage Achievement through Innovation and Knowledge. J Compet. 2013;5[1]:82–96.

. Hair JF, Black WC, Babin BJ, Anderson RE. Multivariate Data Analysis: A Global Perspective. 7th editio. New Jersey: Pearson Prentice Hall; 2010.

. Sarwono J. Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantatitif [Menggunakan Prosedur SPSS] Tuntutan Praktis Dalam Menyusun Skripsi. Jakarta: Elex Media Komputindo; 2012.

. Pertiwi YD, Siswoyo BB. Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Umkm Kripik Buah di Kota Batu. Syariah Pap Account FEB UMS 3. 2016;231–8.

. Gemina D, Silaningsih E, Nisa K. Kinerja Pemasaran Berbassis Orientasi Pasar serta Inovasi Produk pada Industri Mikro, Kecil dan Menengah Makanan Ringan Kabupaten Subang. INOBIS J Inov Bisnis dan Manaj Indones. 2019;2[2]:251–64.

. Putra MSA, Setiawan PY. Peran Inovasi Memediasi Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Barbershop Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manaj [Internet]. 2019;8[11]:6804–24. Available from: http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987

. Manahera MM, Moniharapon S, Tawas HN. Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Inovasi Produk Dan Kinerja Pemasaran [Studi Kasus Umkm Nasi Kuning Di Manado]. J EMBA J Ris Ekon Manajemen, Bisnis dan Akunt. 2018;6[4]:3603–12.

. Djayadiningrat AF, Sukaatmadja IPG, Yasa NNK. Peran Inovasi Produk Memediasi Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran IMK Sektor Industri Makanan Kota Denpasar. E-Jurnal Manaj Univ Udayana. 2017;6[9]:4978–5004.

. Asashi T, Sukaatmadja IPG. Peran Inovasi Produk Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. E-Jurnal Manaj Unud. 2017;6[4]:1816–45.

. Sarjita. Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran pada Sentra Industri Kecil Pembuatan Bakpia di Kabupaten Bantul. Jbma. 2017;IV[2]:27–37.

Downloads

Published

2023-03-04