PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENGELOLAAN KEUANGAN TERHADAP KINERJA UMKM DAN KEBERLANGSUNGAN USAHA DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Authors

  • Adnan Raja Romero Universitas Bung Hatta
  • Rika Desiyanti Universitas Bung Hatta

Keywords:

Literasi keuangan, Pengelolaan keuangan, Kinerja UMKM, Keberlangsungan usaha.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh litersi keuangan dan pengelolaan keuangan terhadap kinerja UMKM dan keberlangsungan dikabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi penelitian ini merupakan pelaku UMKM yang ada dii kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat. Teknik pengambilan sampel pada penelitian penulis menggunakan teknik sampling jenuh atau sensus. Sampel yang penulis peroleh yakni sebanyak 130 kuesioner. Data diolah dengan bantuan menggunakan software SPSS for windows versi 22. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif terhadap kinerja UMKM dan keberlangsungan usaha, pengelolaan keuangan berpengaruh positif terhadap keberlangsungan usaha, serta pengelolaan keuangan tidak berpengaruh terhadap kinerja UMKM.

References

. Amisi, S. (2012). The Effect of Financial Literacy on Investment Decision Making by Pension Fund Managers in Kenya. July, 1–74.

. Anggraeni, B. D. (2016). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Pemilik Usaha Terhadap Pengeloaan Keuangan. Studi Kasus : Umkm Depok. Jurnal Vokasi Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.7454/jvi.v4i1.50

. Ayu, Agung Ida, 2020. Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlangsungan UMKM dikota Denpasar, Vol 2 No 1.

. Aprinawati, 2018. Analisis Literasi keuangan terhadap Keberlangsungan Usaha kuliner dikota medan. Vol 7. No 2.

. Ayu, Nadifah.2022. Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengelolaan Keuangan Usaha Terhadap Kinerja Keuangan Pada UMKM Sepatu dan Sandal di Eks lokalisasi Dolly. Vol 7 No. 3.

. Kusuma, Melia. 2021. Inklusi Keuangan dan Literasi keuangan terhadap kinerja dan keberlanjutan UMKM di Solo raya. Vol 14, No 2 (2021).

Downloads

Published

2023-03-04