PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN FASILITAS WISATA TERHADAP REVISIT INTENTION DENGAN KEPUASAN WISATAWAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA OBJEK WISATA PANTAI SASAK POHON SERIBU DI KABUPATEN PASAMAN BARAT

Authors

  • Prettiarni Sagitaria Sari Universitas Bung Hatta
  • Zeshasina Rosha Universitas Bung Hatta

Keywords:

Experiential marketing, fasilitas wisata, revisit intention, kepuasan wisatawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh experiential marketing dan fasilitas wisata terhadap revisit intention dengan kepuasan wisatawan sebagai variabel intervening objek wisata Pantai Sasak Pohon Seribu di Kabupaten Pasaman Barat. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Data diolah menggunakan Smarts PLS. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwasanya: 1) experiential marketing berpengaruh positif terhadap revisit intention; 2) fasilitas wisata tidak berpengaruh terhadap revisit intention; 3) experiential marketing berpengaruh positif terhadap kepuasan wisatawan; 4) kepuasan wisatawan berpengaruh positif terhadap revisit intention; 5) fasilitas wisata tidak berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan; 6) kepuasan wisatawan tidak memberikan pengaruh dalam memediasi experiential marketing terhadap revisit intention; 7) kepuasan wisatawan tidak pengaruh dalam memediasi fasilitas wisata terhadap revisit intention.

References

Kotler, Philip dan Keller, 2008, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Ketiga Belas, PT. Indeks, Jakarta

Luh, Linna Sagitarini. (2016). Analisis Pendekatan Experiential Marketing yang Menciptakan Kepuasan Tamu Menginap Di Hotel Kawasan Wisata Lovina. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan. Vol. 12. No. 2

Sulistiyana, R. T., Hamid, D., & Azizah, D. F. (2015). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi Pada Museum Satwa ). Jurnal Administrasi Bisnis, 25(1), 1–9. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/viewFile/1017/1200

Ghozali, Imam, Hengky Latan. 2015. Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP Undip. Semarang.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Rstedt, M. S. (2014). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). In SAGE Publications, Inc,. https://doi.org/10.1016/j.lrp.2013.01.002

Chen, J. V., Htaik, S., Hiele, T. M. B., & Chen, C. (2017). Investigating International Tourists‟ Intention to Revisit Myanmar Based on Need Gratification, Flow Experience and Perceived Risk. Journal of Quality Assurance in Hospitality and Tourism, 18(1), 25–44. https://doi.org/10.1080/1528008X.2015.1133367

Wulanjani, H., & Derriawan, D. (2017). Dampak Utilitarian Value Dan Experiential Marketing Terhadap Customer Satisfaction Dan Revisit Intention. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 121–130. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.42

Oniansyah, Ananda, N. A., & Rizqi, R. M. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Nasabah Pegadaian ( Studi Kasus pada PT . Pegadaian Unit Seketeng , Kecamatan Sumbawa ). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 17–27.

Parmin, P. (2017). Pengaruh Service Quality dan Fasilitas Terhadap Minat Berobat Kembali Melalui Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening di RSUD dr. Soedirman Kebumen. JBIMA (Jurnal Bisnis dan Manajemen), 5(2), 122-136.

Ari Wijaksono, R. (2018). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Revisit Intention Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Pengunjung Trans Studio Mini Transmart Rungkut Surabaya ). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(2), 344–353.

Downloads

Published

2023-03-04