PENGARUH MARKETING COMMUNICATION TERHADAP PURCHASE DECISION DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA DI KOTA BENGKULU

Authors

  • Fadel Muhammad Universitas Bung Hatta
  • Dahliana Kamener Universitas Bung Hatta

Keywords:

Marketing Communication, Purchase Decision, Brand Awareness

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris pengaruh pengaruh marketing communication terhadap purchase decision dengan brand awareness sebagai variabel mediasi pada marketplace tokopedia di kota Bengkulu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja melalui Marketplace Tokopedia di Kota Bengkulu dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang diteliti yaitu 176 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini dibantu dengan bantuan program SEM PLS 4. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel marketting communication memiliki pengaruh signifikan terhadap purchase decision, untuk variabel brand awareness berpengaruh signifikan terhadap purchase decision, Variabel marketting communication berpengaruh signifikan terhadap brand awareness, dan Marketing communication berpengaruh signifikan terhadap purchase decision melalui brand awareness sebagai variabel mediasi.

References

Hair, Black, W. C., Babin, B. J., Anderson, R. E., Black, W. C., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis. https://doi.org/10.1002/9781119409137.ch4

Hoque, M. E., Nik Hashim, N. M. H., & Azmi, M. H. Bin. (2018). Moderating effects of marketing communication and financial consideration on customer attitude and intention to purchase Islamic banking products: A conceptual framework. Journal of Islamic Marketing, 9(4), 799–822. https://doi.org/10.1108/JIMA-01-2017-0005

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management, 14th Edition. In Organization (Vol. 22, Issue 4). https://doi.org/10.1080/08911760903022556

Sari, D. K., Suziana, S., & Games, D. (2020). An evaluation of social media advertising for Muslim millennial parents. Journal of Islamic Marketing, 12(9), 1835–1853. https://doi.org/10.1108/JIMA-02-2020-0055

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Research Methods For Business. Salemba Empat.

Umbreen, U. (2013). Impact of Integrated Marketing Communication on Consumers Purchase Decisions. Journal of Independent Studies and Research-Management, Social Sciences and Economics, 11(1), 25–40. https://doi.org/10.31384/jisrmsse/2013.11.1.2

Downloads

Published

2023-03-04