PENGARUH INFLASI, SUKU BUNGA DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP VOLUME EKSPOR DI BEBERAPA NEGARA EROPA

PENGARUH INFLASI, SUKU BUNGA DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP VOLUME EKSPOR DI BEBERAPA NEGARA EROPA

Authors

  • Edit Pradinata
  • Nurul Huda

Keywords:

Inflasi, suku bunga, pertumbuhan ekonomi

Abstract

Brigham et al (2014) mendefinisikan ekspor sebagai proses penjualan produk domestic sebuah negara kenegara lain. Ekspor ditujukan untuk meningkatkan pendapatan per kapita sebuah negara. Produk yang di ekspor merupakan unggulan dibandingkan dengan produk yang sama ketika dijuak di dalam negeri. Pada umumnya produk ekspor memiliki harga jual yang disesuaikan dengan alat pembayaran internasional. Ekspor juga menunjukan adanya surplus produksi suatu produk di dalam ruang lingkup sebuah negara. Setiap negara memiliki tujuan meningkatkan volume ekspor, karena dengan bertambahnya jumlah ekspor akan menambah keuntungan yang diperoleh serta akan memberikan kontribusi yang lebih nyata terhadap penambahan devisa negara. Menurut Agnes, dan Yuliawati (2018) meningkatnya volume ekspor kesebuah negara dapat dipengaruhi oleh sejumlah variabel diantaranya adalah perubahan kurs, harga komoditi yang dijual, produk subtitusi, pajak atau bea masuk dan aturan pemerintah tentang ekspor.

References

Agnes Chaprilia, dan Yuliawati. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Volume Ekspor Teh PTPN IX, Jawa Tengah. SEPA: Vol. 14 No.2 Februari 2018 : 167 – 175.

Basu Swasta, Dharmesta dan Irawan, 2009 Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta

Brigham G, Willy Hanson & Jonathan. 2014. Macro Economic Analysis 12th McGraw-Hill, Irwin.

Chadhir, Muhammad. 2015. Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Ekspor Teh Indonesia Ke Negara Inggris 1979 – 2012. Economics Development Analysis Journal.

Chaprilia Agnes, dan Yuliawati. 2018. Faktor Faktor yang Mempengaruhi Volume Ekpor Tah PTPN IX Jawa Tengah. SEPA Volume Ekspor Teh PTPN IX Jawa Tengah.

Djohan Dian Aswithary Djohan, dan Wayan Sudirman. 2016. Pengaruh Jumlah Produksi, Kurs Dollar Amerika Serikat dan Cadangan Devisa Terhadap Ekspor Jahe di Indonesia. E-Jurnal EP Unud.

Eko Maygirtasari, & Pangestu Mawardi, M. K. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Volume Ekspor Crude Palm Oil (CPO) Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis , Vol. 25 No.2, Agustus 2015

Ghozali Imam. 2015. Analisis Multivariate dengan Menggunakan SPSS 22. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Downloads

Published

2023-03-04