PERANAN SHOPPING LIFESTYLE DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP IMPULSE BUYING PADA MARKETPLACE SHOPE (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT KOTA PADANG)

Authors

  • Fatih Rabbani Universitas Bung Hatta
  • Mery Trianita Universitas Bung Hatta

Keywords:

Impulse Buying, Shopping Lifestyle, Price Discount.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara shopping lifestyle dan price discount terhadap impulse baying pada pengguna marketplace shopee di kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna marketplace shopee di kota Padang. Dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa shopping lifestyle berpengaruh positif terhadap impulse buying pada pengguna marketplace shopee di kota Padang artinya semakin tinggi shopping lifestyle konsumen terhadap produk yang tersedia di Shopee, maka semakin tinggi pula tingkat impulse buying konsumen terhadap produk yang tersedia di Shopee. Price discount berpengaruh positif terhadap impulse buying pada pengguna marketplace shopee di kota Padang artinya semakin tinggi price discount suatu produk yang tersedia di Shopee, maka semakin tinggi pula tingkat impulse buying yang terjadi di Shopee

References

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbot Universitas Diponegoro. [2] Hasim, M., & Lestari, R. B. (2022, September). Pengaruh Potongan Harga, Motivasi Belanja Hedonis, E-WOM dan Gaya Hidup Berbelanja Terhadap Impulse Buying di Tokopedia. In FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN-SINTA 4 (Vol. 12, No. 1, pp. 59-69) [3] Rifatin, Y., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying (Studi Pada Konsumen Toko Pakaian Dhyhijab Jombang). BIMA: Journal of Business and Innovation Management, 3(3), 367-379. [4] Melina, M., & Kadafi, M. A. (2018, January). Pengaruh Price Discount dan in-Store Display terhadap Impulse Buying pada Matahari Department Store di Samarinda. In FORUM EKONOMI (Vol. 19, No. 2, pp. 201-209) [5] Wibowo, G. R., & Sari, D. (2021). Pengaruh Diskon Harga Terhadap Pembelian Impulsif Secara Online Pada Pengguna Aplikasi Shopee. eProceedingofManagement, 8(2).

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller(2012). Marketing Management. Upper Saddle River, N.J. : Pearson Prentice Hall.

Downloads

Published

2023-03-04