PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, KREATIVITAS PROGRAM PEMASARAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA UMKM PANGAN KABUPATEN TANAH DATAR

Authors

  • Yulia Anggi Putri Universitas Bung Hatta
  • Irda Irda Universitas Bung Hatta

Keywords:

Orientasi Kewirausahaan, Kreativitas Program Pemasaran, Orientasi Pasar, Kinerja Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Kreativitas Program Pemasaran, dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Pangan di Kab Tanah Datar. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengusaha UMKM di Kab Tanah Datar yang berjumlah sebanyak 80 responden. Metode Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan bantuan Smart PLS. hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan metode analisis meliputi: Measurement Model Assessment, Analisis Deskriptif, R Square, Q Square dan Structural Model Assessment. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa Orientasi Kewirausahaan dan Kreativitas Program Pemasaran tidak berpengaruh terhadap Kinerja Pemasaran UMKM. Dan Orientasi Pasar berpengaruh positif terhadap Kinerja Pemasaran UMKM.

References

Amrulloh, F., & Hidayat, W. (2018). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, dan Inovasi terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada UMKM Kerajinan Logam di Kabupaten Tegal). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(1), 35-46.

Ariani, N. L P., & Handayani, M. M (2020) Pengaruh Inovasi Produk dan Kreativitas Pemasaran (studi pada UMKM produk endek di Kota Denpasar). Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium, 6(2), 224-236

Arikunto, S. (2010). Metode penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Elvina, E. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja UMKM. JSHP: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 4(1), 46-55.

Hair, dkk. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed). United States: Pearson.

Mandasari, I. C. S. (2020). Pengaruh Inovasi Produk dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Industri Mikro Kecil Makanan di Kota Denpasar). Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), 2(2), 56-62.

Sari, F. A. P. W., & Farida, N. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi Produk Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Umkm Kuningan Juwana Kabupaten Pati). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(3), 345-352.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Ulya, Z. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran. J-EBIS (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 114-125.

Downloads

Published

2023-03-04