PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM KULINER DI KOTA PADANG (STUDI KASUS PADA UMKM KULINER SAJI DI KOTA PADANG)

Authors

  • Yogy Satria Universitas Bung Hatta
  • Irda Irda Universitas Bung Hatta

Keywords:

Market Orientation, Competitive Advantage, Marketing Performance.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris pengaruh orientasi pasar dan keunggulan bersaing teradap kinerja pemasaran UMKM kuliner di kota padang (Studi kasus pada UMKM kuliner saji di Kota Padang). Populasi dalam penelitian ini adalah pengusaha UMKM kuliner saji yang berada di Kota Padang. Dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang diteliti yaitu 105 responden dengan total sampel sebanyak 105 sampel. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini dibantu dengan bantuan program Smart PLS 4. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel orientasi pasar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pemasaran. Dan variabel keunggulan bersaing berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran.

References

Gunisto dan Hanfan. (2019) Manajemen

Pemasaran Membangun Kinerja

Pemasaran UMKM. Semarang:

Indonesia Research Society (IRS).

Narver, J., & Slater, S. 1990. The

Effect of a Market Orientation on

Business Profitability. Journal of

Marketing, Vol.54.

Kotler dan Amstrong. 2003. DasarDasar Pemasaran. Jilid I, Edisi

Kesembilan, PT. Indeks Gramedia,

Jakarta.

Hair dkk. (2019).Multivariate Data

Analysis Eighth Edition.

www.cengage.com/highered

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:

PT. Rineka Cipta.

Mardiyono, Aris. (2018). Analisis

Kinerja Pemasaran Usaha Kecil

Menengah di Kota Semarang. Serat

Acitya – Jurnal Ilmiah UNTAG

Semarang, 7(1), 82- 90, 2302-2752.

Nofrizal, N. (2021). Pengaruh

keunggulan bersaing terhadap kinerja

pemasaran pengrajin rotan

Pekanbaru. Journal of Business and

Banking

Downloads

Published

2023-03-05