PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM KULINER DI KOTA PADANG (STUDI KASUS PADA UMKM KULINER SAJI DI KOTA PADANG)
Keywords:
Market Orientation, Competitive Advantage, Marketing Performance.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris pengaruh orientasi pasar dan keunggulan bersaing teradap kinerja pemasaran UMKM kuliner di kota padang (Studi kasus pada UMKM kuliner saji di Kota Padang). Populasi dalam penelitian ini adalah pengusaha UMKM kuliner saji yang berada di Kota Padang. Dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang diteliti yaitu 105 responden dengan total sampel sebanyak 105 sampel. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini dibantu dengan bantuan program Smart PLS 4. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel orientasi pasar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pemasaran. Dan variabel keunggulan bersaing berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran.References
Gunisto dan Hanfan. (2019) Manajemen
Pemasaran Membangun Kinerja
Pemasaran UMKM. Semarang:
Indonesia Research Society (IRS).
Narver, J., & Slater, S. 1990. The
Effect of a Market Orientation on
Business Profitability. Journal of
Marketing, Vol.54.
Kotler dan Amstrong. 2003. DasarDasar Pemasaran. Jilid I, Edisi
Kesembilan, PT. Indeks Gramedia,
Jakarta.
Hair dkk. (2019).Multivariate Data
Analysis Eighth Edition.
www.cengage.com/highered
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:
PT. Rineka Cipta.
Mardiyono, Aris. (2018). Analisis
Kinerja Pemasaran Usaha Kecil
Menengah di Kota Semarang. Serat
Acitya – Jurnal Ilmiah UNTAG
Semarang, 7(1), 82- 90, 2302-2752.
Nofrizal, N. (2021). Pengaruh
keunggulan bersaing terhadap kinerja
pemasaran pengrajin rotan
Pekanbaru. Journal of Business and
Banking