PENGARUH iKEPEMIMPINAN, KOMUNIKASI ORGANISASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD SEKECAMATAN TANJUNG GADANG KABUPATEN SIJUNJUNG
Keywords:
Kepemimpinan, Komunikasi Organisasi, Lingkungan KerjaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi organisasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru SD Kecamatan Tanjung Gadang. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner secara online menggunakan google form. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Probability Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden guru SD Kecamatan Tanjung Gadang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda meliputi: uji validitas,uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), dan pengujian hipotesis (uji T dan uji F). Hasil penelitian ini menunjukan Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru, Komunikasi oganisasi berpengaruh positif terhadap kinerja guru dan Lingkungan kerja berpengaruh negatif terhadap kinerja guru.References
Gading, Puspaningtyas, and Ismiyati, “Pengaruh
Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komunikasi
organisasi, Motivasi, dan Lingkungan Kerja
Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 16
Sumarang,” unnes, p. 15.
m. ag dr. abd madjid, pengembangan kinerja guru
melalui kompetensi, komitmen dan motivasi kerja.
yogyakarta: samudra biru, 2016.
Y. Elly and J. Soraya, “Kepemimpinan Kepala
Sekolah dan Lingkungan Sekolah terhadap Kinerja
Guru,” J. Penelit. dan Pendidik. IPS, vol. 14, no. 2,
pp. 55–61, 2020, doi: 10.21067/jppi.v14i2.4856.
Sugiyono and M. Rahadhini, “Pengaruh pendidikan
pelatihan, motivasi kerja, dan lingkungan kerja
terhadap kinerja guru,” J. Manaj. Sumberd. Mns.,
vol. 5, no. 1, pp. 1–10, 2011.
K. Saleh and A. N. Aini, “Kepemimpinan Kepala
Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan
(Studi Tentang Peran Kepala MTsN Model
Samarinda dalam Meningkatkan Prestasi Kerja
Guru),” J. Fenom., vol. 6, no. 1, pp. 19–37, 2014.
L. Ocham and U. A. Okoth, “Head-teachers ’
motivational practices in public secondary schools in
Kenya,” TQM J., vol. 27, no. 6, pp. 814–822, Jan.
, doi: 10.1108/TQM-08-2015-0110.
A. Purnomo, “Pelaksanaan Kebijakan Komunikasi
Organisasi Pemerintahan Di Indonesia,” J. Noken
Ilmu-Ilmu Sos., vol. 3, no. 2, p. 11, 2018, doi:
33506/jn.v3i2.111.
dra. umi farida Mm and M. sri hartono, se,
manajemen sumber daya manusia II. ponorogo:
umpo press, 2015.
A. R. A. Nalendra et al., Statistika Seri Dasar
dengan SPSS. 2021.