PENGARUH iKEPEMIMPINAN, KOMUNIKASI ORGANISASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD SEKECAMATAN TANJUNG GADANG KABUPATEN SIJUNJUNG

Authors

  • Sinta Kumala Dewi Universitas Bung Hatta
  • Ice Kamela Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kepemimpinan, Komunikasi Organisasi, Lingkungan Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi organisasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru SD Kecamatan Tanjung Gadang. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner secara online menggunakan google form. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Probability Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden guru SD Kecamatan Tanjung Gadang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda meliputi: uji validitas,uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), dan pengujian hipotesis (uji T dan uji F). Hasil penelitian ini menunjukan Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru, Komunikasi oganisasi berpengaruh positif terhadap kinerja guru dan Lingkungan kerja berpengaruh negatif terhadap kinerja guru.

References

Gading, Puspaningtyas, and Ismiyati, “Pengaruh

Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komunikasi

organisasi, Motivasi, dan Lingkungan Kerja

Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 16

Sumarang,” unnes, p. 15.

m. ag dr. abd madjid, pengembangan kinerja guru

melalui kompetensi, komitmen dan motivasi kerja.

yogyakarta: samudra biru, 2016.

Y. Elly and J. Soraya, “Kepemimpinan Kepala

Sekolah dan Lingkungan Sekolah terhadap Kinerja

Guru,” J. Penelit. dan Pendidik. IPS, vol. 14, no. 2,

pp. 55–61, 2020, doi: 10.21067/jppi.v14i2.4856.

Sugiyono and M. Rahadhini, “Pengaruh pendidikan

pelatihan, motivasi kerja, dan lingkungan kerja

terhadap kinerja guru,” J. Manaj. Sumberd. Mns.,

vol. 5, no. 1, pp. 1–10, 2011.

K. Saleh and A. N. Aini, “Kepemimpinan Kepala

Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan

(Studi Tentang Peran Kepala MTsN Model

Samarinda dalam Meningkatkan Prestasi Kerja

Guru),” J. Fenom., vol. 6, no. 1, pp. 19–37, 2014.

L. Ocham and U. A. Okoth, “Head-teachers ’

motivational practices in public secondary schools in

Kenya,” TQM J., vol. 27, no. 6, pp. 814–822, Jan.

, doi: 10.1108/TQM-08-2015-0110.

A. Purnomo, “Pelaksanaan Kebijakan Komunikasi

Organisasi Pemerintahan Di Indonesia,” J. Noken

Ilmu-Ilmu Sos., vol. 3, no. 2, p. 11, 2018, doi:

33506/jn.v3i2.111.

dra. umi farida Mm and M. sri hartono, se,

manajemen sumber daya manusia II. ponorogo:

umpo press, 2015.

A. R. A. Nalendra et al., Statistika Seri Dasar

dengan SPSS. 2021.

Downloads

Published

2023-03-05