PENGARUH PERSEPSI RESIKO TERHADAP NIAT BELI DENGAN SIKAP KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KONSUMEN YANG BERBELANJA ONLINE PADA TOKOPEDIA DI KOTA PADANG
Keywords:
Persepsi Resiko, Sikap Konsumen, Niat BeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh persepsi resiko terhadap niat beli dengan sikap konsumen sebagai variabel intervening pada konsumen yang berbelanja online pada tokopedia di kota padang. Populasi adalah seluruh konsumen yang berniat berbelanja online pada Tokopedia di Kota Padang yang tidak diketahui dengan pasti jumlahnya, dengan jumlah sampel sebanyak 138 orang konsumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Jenis data adalah data primer melalui penyebaran kuesioner. Metode analisa data menggunakan uji Partial Least Square (PLS). Dari hasil penelitian ditemukan persepsi risikoberpengaruh negatif terhadap sikap konsumen dalam berbelanja online. Persepsi risiko berpengaruh negatif terhadap niat beli konsumen dalam berbelanja online.Sikap konsumen berpengaruh positif terhadap niat beli konsumen dalam berbelanja online. Persepsi risiko berpengaruh negatif terhadap niat beli konsumen dalam berbelanja online yang dimediasi oleh sikap konsumen.References
Ghozali, I., & Latan, H. (2012). Partial Least
Aquares Konsep, Teknik dan Aplikasi Smart
PLS 2.0. Semarang: Badan Penerbit
Universitas Diponegoro.
Henry, K., Adiwijaya, M., & Subagio, H. (2017).
Pengaruh Perceived Risk Terhadap Purchase
Intention Dengan Mediasi Perceived Value
dan Customer Attitude Pada Pelanggan
Online Shopping Melalui Media Sosial
Facebook di Surabaya. Petra Business and
Management Review, 3(2), 62–83.
Juniwati, J. (2015). Pengaruh Perceived Ease of
Use, Enjoyment dan Trust Terhadap
Repurchase Intention dengan Customer
Satisfaction Sebagai Intervening pada
Belanja Online (Studi Pada Mahasiswa
Universitas Tanjungpura Pontianak). Jurnal
Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 4(1),
https://doi.org/10.26418/jebik.v4i1.11465
Peña-García, N., Gil-Saura, I., RodríguezOrejuela, A., & Siqueira-Junior, J. R. (2020).
Purchase intention and purchase behavior
online: A cross-cultural approach. Heliyon,
(6).
https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e0428
Sarwono, J. (2012). Metode Riset Skripsi
Pendekatan Kuantatitif (Menggunakan
Prosedur SPSS) Tuntutan Praktis Dalam
Menyusun Skripsi. Jakarta: Elex Media
Komputindo.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis.
Bandung: Alfabeta.
Sutanti, D. (2020). Penipuan dengan Modus
Phishing di Tokopedia, Dana Refund Raib
Dibajak.
Https://Mediakonsumen.Com/2020/10/19/Su
rat-Pembaca/Penipuan-Dengan-ModusPhishing-Di-Tokopedia-Dana-Refund-RaibDibajak.
Ulty. (2021). Kelebihan dan Kekurangan
Tokopedia.
Https://Lancangkuning.Com/Post/30253/Kel
ebihan-Dan-Kekurangan-Tokopedia.Html.
Umar, H. (2014). Metode Penelitian Untuk Skripsi
dan Tesis Bisnis (Edisi 2). Jakarta: Rajawali
Pers.
Yulianto, Edy, Astuti, S., Endang, Suyadi, Imam,
… Hamidah. (2014). The Effect of Online
Service Quality towad Perceived Risk,
Customer Attitudes, Relationship Quality,
Online Purchase Intention, E-Loyalty, and
Purchasing Behavior. European Journal of
Business and Management, 6(22), 89–97