PENGARUH KEMUDAHAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE MELALUI APLIKASI TOKOPEDIA (Studi Pada Mahasiswa di Universitas Bung Hatta Padang)
Keywords:
Kemudahan, kepercayaan, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh kemudahan dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian online Melalui aplikasi tokopedia Pada Mahasiswa Universitas Bung Hatta. Sebanyak 100 orang responden yang dipilih menggunakan metode Purposive sampling. Pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan proses penyebaran kuesioner. Dalam penelitian ini data diolah dengan menggunakan SPSS 25 tahun 2018. Hasil pengujian hipotesis menemukan bahwa kemudahan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dan pengujian hipotesis kedua juga ditemukan bahwa kepercayaan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian online pada aplikasi tokopedia oleh Mahasiswa Bung Hatta Dengan demikian dapat disimpulkan semakin tinggi kemudahan dan kepercayaan maka akan memperkuat keputusan mahasiswa di Universitas Bung Hatta berbelanja melalui aplikasi Tokopedia.References
Hair, Black, W. C., Babin, B. J., Anderson,
R. E., Black, W. C., & Anderson, R. E.
(2019). Multivariate Data Analysis.
https://doi.org/10.1002/9781119409137.ch4
Irmawati, U. R. N. C. (2022). Pengaruh
Kualitas Informasi, Kemudahan dan
Kepercayaan Terhadap Keputusan
Pembelian di Situs Tokopedia. Home of
Management and Bussiness Journal, 1(1),
–34.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016).
Marketing Management. In Global Edition
(Vol. 15E, Issue 4).
Lestari, I. T. & Widyastuti, W. (2019).
Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan
Terhadap Keputusan Belanja Online (Studi
Pada Pengguna Tokopedia). Jurnal Ilmu
Manajemen, 7(2), 478–484.
Sari, N. E., & Oswari, T. (2020). Pengaruh
Kemudahan, Kepercayaan, Dan Keamanan
Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui
Keputusan Pembelian Pada Toko Online
Tokopedia. Creative Research Management
Journal, 3(2), 34.
https://doi.org/10.32663/crmj.v3i2.1550
Tjiptono. (2007). Strategi Pemasaran, edisi
kedua. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi.
Usvita, M. (2017). Pengaruh Kemudahan,
Kepercayaan dan Persepsi Akan Risiko
Menggunakan E-Commerce Terhadap
Keputusan Pembelian Online (Survey Pada
Konsumen Lazada). Jurnal Apresiasi
Ekonomi, 5(1)