PENGARUH KEMUDAHAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE MELALUI APLIKASI TOKOPEDIA (Studi Pada Mahasiswa di Universitas Bung Hatta Padang)

Authors

  • Linuria Humin Ayatina Universitas Bung Hatta
  • Mery Trianita Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kemudahan, kepercayaan, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh kemudahan dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian online Melalui aplikasi tokopedia Pada Mahasiswa Universitas Bung Hatta. Sebanyak 100 orang responden yang dipilih menggunakan metode Purposive sampling. Pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan proses penyebaran kuesioner. Dalam penelitian ini data diolah dengan menggunakan SPSS 25 tahun 2018. Hasil pengujian hipotesis menemukan bahwa kemudahan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dan pengujian hipotesis kedua juga ditemukan bahwa kepercayaan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian online pada aplikasi tokopedia oleh Mahasiswa Bung Hatta Dengan demikian dapat disimpulkan semakin tinggi kemudahan dan kepercayaan maka akan memperkuat keputusan mahasiswa di Universitas Bung Hatta berbelanja melalui aplikasi Tokopedia.

References

Hair, Black, W. C., Babin, B. J., Anderson,

R. E., Black, W. C., & Anderson, R. E.

(2019). Multivariate Data Analysis.

https://doi.org/10.1002/9781119409137.ch4

Irmawati, U. R. N. C. (2022). Pengaruh

Kualitas Informasi, Kemudahan dan

Kepercayaan Terhadap Keputusan

Pembelian di Situs Tokopedia. Home of

Management and Bussiness Journal, 1(1),

–34.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016).

Marketing Management. In Global Edition

(Vol. 15E, Issue 4).

Lestari, I. T. & Widyastuti, W. (2019).

Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan

Terhadap Keputusan Belanja Online (Studi

Pada Pengguna Tokopedia). Jurnal Ilmu

Manajemen, 7(2), 478–484.

Sari, N. E., & Oswari, T. (2020). Pengaruh

Kemudahan, Kepercayaan, Dan Keamanan

Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui

Keputusan Pembelian Pada Toko Online

Tokopedia. Creative Research Management

Journal, 3(2), 34.

https://doi.org/10.32663/crmj.v3i2.1550

Tjiptono. (2007). Strategi Pemasaran, edisi

kedua. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi.

Usvita, M. (2017). Pengaruh Kemudahan,

Kepercayaan dan Persepsi Akan Risiko

Menggunakan E-Commerce Terhadap

Keputusan Pembelian Online (Survey Pada

Konsumen Lazada). Jurnal Apresiasi

Ekonomi, 5(1)

Downloads

Published

2023-03-05