PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA GO – FOOD PADA APLIKASI GOJEK DI KOTA PADANG

Authors

  • Andy Sofyan Universitas Bung Hatta
  • Mery Trianita Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kualitas Pelayanan, harga, kepuasan pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuktikan dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pengguna Go-Food melalui aplikasi Go-Jek di Kota Padang. Penelitian ini dilakukan pada 120 orang responden pengguna layanan Go-Food yang dipilih secara random. Proses pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui observasi lapangan secara langsung. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda (OLS) sedamgkan pengujian hipotesis dilakukan t-statistik. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan pengguna Go-Food melalui aplikasi Go-Jek di Kota Padang, sedangkan hiptoesis kedua ditemukan harga berpengaruh negatif terhadap kepuasan pelanggan pengguna layanan GoFood melalui aplikasi Go-Jek di Kota Padang. Hasil yang diperoleh menunjukan semakin tinggi harga untuk mendapatkan layanan Go-Food akan menurunkan kepuasan yang dirasakan pelanggan.

References

Abdullah, A., & Rizan, M. (2018).

Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan

Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT

Alakasa Extrusindo. Manajerial, 9(2),

https://doi.org/10.31479/m.v9i2.21

Citra Savitri, & Flora Patricia Anggela.

(2020). Pengaruh Kualitas Produk,

Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap

Kepuasan Pelanggan Pt. Xxx. Buana

Ilmu, 4(2), 234–252.

https://doi.org/10.36805/bi.v4i2.1137

Engkur, E. (2018). Pengaruh Kualitas

Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah

Bank Syariah Di DKI Jakarta. Jurnal

Akuntansi Dan Manajemen, 15(1).

Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas

Pelayanan Dan Harga Terhadap

Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset

Manajemen Dan Bisnis (JRMB)

Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44.

https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.240

Isnandari, A. (2018). Pengaruh Kualitas

Produk, Store Atmosphere, Dan Harga

Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal

Administrasi Bisnis, 60(3), 104–111.

Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M.,

Victor Goodman, M. R., & Hansen, T.

(2019). Marketing management 4th

European edition. In Soldering &

Surface Mount Technology (Vol. 13,

Issue 3).

Masrurul, M. M. (2019). The Impact of

Service Quality on Customer

Satisfaction in Bangladesh Tourism

Industry: An Empirical Study. Advances

In Management, 12(1), 136–140.

Downloads

Published

2023-03-05