Pengaruh Kepercayaan Interpersonal dan Kecerdasan Emosional Terhadap Inovasi Individu dengan Knowledge Sharing Sebagai Variabel Mediasi
Keywords:
Interpersonal trust, emotional intelligence, individual innovation, knowledge sharingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kepercayaan interpersonal dan kecerdasan emosional terhadap inovasi individu. Selain itu, penelitian ini juga menentukan apakah kepercayaan interpersonal dan kecerdasan emosional berkontribusi terhadap berbagi pengetahuan. Pengaruh berbagi pengetahuan terhadap inovasi individu dan peranya sebagai variable mediasi juga menjadi tujuan penelitian ini. Teori prilaku digunakan untuk memahami hubungan antar variable, seperti theory of plan behaviour. Sebanyak 277 ASN pada Pemerintahan Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau di jadikan sampel penelitian dan di minta untuk mengisi kuisioner. 147 ASN mengisi dan mengembalikan kuisioner (64,76%). Data primer di olah dengan menggunakan metode structural equation model (SEM) dengan aplikasi SmartPLS. Penilaian model pengukuran dan structural di lakukan sebagai syarat mendapakan hasil. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh negative terhadap inovasi individu, and berpengaruh positif terhadap knowledge sharing. Sementara itu, kepercayaan interpersonal berpengaruh positif terhadap inovasi individu dan knowledge sharing. Temuanya lainnya, knowledge sharing berpengaruh langsung terhadap inovasi dan berperan sebagai mediasi antara kecerdasan emosional dan inovasi individu. Hasil penelitian berimplikasi teori dan praktik dan di bahas secara rinci di dalam artikel ini.References
Dessler, Gary. 2010. Manajemen Sumber
Daya Manusia Edisi Kesepuluh Jilid
Satu. Jakarta: Indeks. Vol. 53.
Hair, Joseph F., G. Tomas M. Hult,
Christian Ringle, and Marko Sarstedt.
A Primer on Partial Least Square
Structural Equation Modeeling (PLSSEM. California, USA: Sage
Publications, Inc.
Handoko, Hani. 2008. Manajemen
Personalia Dan Sumberdaya Manusia.
Yogyakarta: Yogyakarta: BPFEYogyakarta.
Hasibuan, Malayu S. P. 2009. “Manajemen
Sumber Daya Manusia.” 202.
Ivancevich, John M., Robert Konopaske,
and Michael T. Matteson. 2014.
Organizational Behavior &
Management.
Sefnedi, S., & Utami, W. (2022).
Hospital Service Quality and Behavioral
Compliance: The Role of Patient
Satisfaction as Mediator. KnE Social
Sciences, 2022, 206–212.
Downloads
Published
2023-03-05
Issue
Section
Executive Summary