PENGARUH SOLVABILITAS DAN OPINI AUDIT TERHADAP AUDIT DELAY DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021)

PENGARUH SOLVABILITAS DAN OPINI AUDIT TERHADAP AUDIT DELAY DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021)

Authors

  • Yetdiya Sarmila
  • Yunilma

Keywords:

Solvabilitas, Opini Audit dan Ukuran Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh solvabilitas dan opini audit terhadap audit delay dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Teknik yang digunakan adalah purposive sumpling. Data yang digunakan adalah data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan program SPSS yang telah dilakukan ditemukan bahwa solvabilitas tidak berpengaruh terhadap audit delay, opini audit tidak berpengaruh terhadap audit delay dengan alpha 5%, ukuran perusahaan mampu mempengaruhi solvabilitas terhadap audit delay dan ukuran perusahaan yang dijadikan variabel moderasi mampu mempengaruhi opini audit terhadap audit delay.

References

Alfiani, D., & Nurmala, P. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Solvabilitas dan Reputasi Kantor Akuntan Publik terhadap Audit Delay (Pada Perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017). Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, 1(2), 79–99

Anita & Cahyati, A.D. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, dan Opini Audit Terhadap Audit Delay dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi, 1(2) 2019.

Marcelina, A. S., Mukhlizul, H., N. P., (2021) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Solvabilitas Terhadap Audit Delay. Repo.Bunghatta.ac.id.

Putri, Meidiyustiani (2020) Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, dan Opini Audit terhadap Audit Delay Dimoderasi oleh Ukuran Perusahaan.

Saputra, A. D., Irawan, C. R., & Ginting, W. A. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Opini Audit, Umur Perusahaan, Profitabilitas dan Solvabilitas Terhadap Audit Delay. Owner (Riset Dan Jurnal Akuntansi), 4(2),286. https://doi.org/10.33395/owner.v4i2.239.

Sugiono (2018) Variabel Pemoderasi, Metode Penelitian, Jakarta, Salemba Empa

Downloads

Published

2023-03-06