PENGARUH PROFITABILITAS, LIUKIDITAS DAN STRUKTUR MODAL TERAHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DEVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Pertembangan dan Energi yang Terdaftar di Bursa EfekIndonesia Tahun 2017-2021)

PENGARUH PROFITABILITAS, LIUKIDITAS DAN STRUKTUR MODAL TERAHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DEVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Pertembangan dan Energi yang Terdaftar di Bursa EfekIndonesia Tahun 2017-2021)

Authors

  • Ahmad Julanda
  • Yeasy Darmayanti

Keywords:

Profitabilitas,Likuiditas,Struktur Modal, Nilai Perusaahn, Kebijakan Deviden

Abstract

Nilai perusahaan yaitu pandangan investor terhadap suatu perusahaan yang berkaitan dengan harga saham. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Deviden sebagai variabel moderasi pada perusahaan Pertambangan dan Energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021. Dengan menggunakan metode purposive sampling, didapat sampel sebanyak 47 perusahaan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi berganda. Berdasarakan hasil pengolahan data dengan program SPSS, ditemukan bahwa Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan di Bursa Efek Indonesia tidak dapat dibuktikan. Struktur modal tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Kebijakan dividen mampu memoderasi hubungan antara profitabilitas dengan nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Kebijakan dividen tidak mampu memoderasi hubungan antara likuiditas dengan nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Kebijakan dividen tidak mampu memoderasi hubungan antara struktur modal dengan nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan di Bursa Efek Indonesia.

References

Imaln, C., Sarl i, F. N., & Pujialti, N. (2021).

Pengalruh Likuiditasl danl Profitabil litasl Terhadal pl

Nilali Perusahl aal ln. Jurnall

–198.

Perspektif, 19(2),

https://doi.org/10.31294/jp.v19i2.11393

Lisa,l E. (2018). Jurnall Sail ns Manal jl emen &

Alkuntalnsi Volume X No. 1 / Februarl i / 2018. X(1), 21–39.

Thalib, I., & Dewanl toro, A.l (2017). Pengarl uh

Profitalbilitals daln Likuiditals Terhadl apl Nilail

Perusalhaal ln dengaln Struktur Modall sebalgail

Valrialbel Intervening. Jurnall Riset Perbankan,ll

Manl

ajl emen, Daln Akl untanl

si, 1(1), 25.

https://doi.org/10.56174/jrpmal.v1i1.6

Nyomaln, N., Putu, G. M., & Djalzuli, Al. (2014). Facl tors Alffecting Firms Vallue of Indonesial Public Malnufalcturing Firms. Internaltionall

Journall of Business alnd Malnagl Invention, 3(2), 35–44.

ement

Downloads

Published

2023-03-06