PENGARUH PARTISIPASI PELANGGAN, PENGALAMAN PELANGGAN DAN KETERLIBATAN PELANGGAN TERHADAP KETERIKATAN PELANGGAN BLIBLI DI KOTA PADANG

Authors

  • Vioni Emelza Reidita Universitas Bung Hatta
  • Surya Dharma Universitas Bung Hatta

Keywords:

Partisipasi Pelanggan, Keterikatan Pelanggan., Keterlibatan Pelanggan, Pengalaman Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Partisipasi Pelanggan, Pengalaman Pelanggan dan Keterlibatan Pelanggan terhadap Keterikatan Pelanggan Blibli di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 121 responden pengguna aplikasi Blibli di Kota Padang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis model regresi linear berganda meliputi : uji validitas, analisis deskriptif dan pengujian hipotesis. Dari hasil pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa Partisipasi Pelanggan berpengaruh positif terhadap Keterikatan Pelanggan, Pengalaman Pelanggan dan Keterlibatan Pelanggan tidak memiliki pengaruh positif terhadap Keterikatan Pelanggan.

References

Kevin Kam Fung So, Ceridwyn King and

Beverley Sparks. (2014). “The Role of

Customer Engagement in Building

Consumer Loyalty to Tourism Brandsâ€.

Journal of Travel Research 1 – 15.

Samala, Nagaraj, and Bharath Shashanka

Katkam. (2019). “Fashion Brands Are

Engaging the Millennials: A Moderated-

Mediation Model of Customer-Brand

Engagement,

Participation,

and

Involvement.†Young Consumers 21(2):

–53. DOI10.1108/YC-12-2018-0902

Ridanasti, E. (2021). Keterlibatan

Pelanggan dan Antesedennya pada

Transaksi E-Commerce pada Generasi Z.

Optimal:

Jurnal Ekonomi dan

Kewirausahaan, 15(2), 48-59.

Islam, J. U., & Rahman, Z. (2016). Linking

customer engagement to trust and word-ofmouth

on

Facebook

brand

communities:

An

empirical

study. Journal of Internet

Commerce, Vol 15, No 1, page 40-58.

Dharma, Surya. (2020). Praktikum Analisis

Statistik Dengan Stata 12 Jilid 2. Bogor:

In Media.

Downloads

Published

2023-08-19