PENGARUH PARTISIPASI PELANGGAN, PENGALAMAN PELANGGAN DAN KETERLIBATAN PELANGGAN TERHADAP KETERIKATAN PELANGGAN BLIBLI DI KOTA PADANG
Keywords:
Partisipasi Pelanggan, Keterikatan Pelanggan., Keterlibatan Pelanggan, Pengalaman PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Partisipasi Pelanggan, Pengalaman Pelanggan dan Keterlibatan Pelanggan terhadap Keterikatan Pelanggan Blibli di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 121 responden pengguna aplikasi Blibli di Kota Padang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis model regresi linear berganda meliputi : uji validitas, analisis deskriptif dan pengujian hipotesis. Dari hasil pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa Partisipasi Pelanggan berpengaruh positif terhadap Keterikatan Pelanggan, Pengalaman Pelanggan dan Keterlibatan Pelanggan tidak memiliki pengaruh positif terhadap Keterikatan Pelanggan.References
Kevin Kam Fung So, Ceridwyn King and
Beverley Sparks. (2014). “The Role of
Customer Engagement in Building
Consumer Loyalty to Tourism Brandsâ€.
Journal of Travel Research 1 – 15.
Samala, Nagaraj, and Bharath Shashanka
Katkam. (2019). “Fashion Brands Are
Engaging the Millennials: A Moderated-
Mediation Model of Customer-Brand
Engagement,
Participation,
and
Involvement.†Young Consumers 21(2):
–53. DOI10.1108/YC-12-2018-0902
Ridanasti, E. (2021). Keterlibatan
Pelanggan dan Antesedennya pada
Transaksi E-Commerce pada Generasi Z.
Optimal:
Jurnal Ekonomi dan
Kewirausahaan, 15(2), 48-59.
Islam, J. U., & Rahman, Z. (2016). Linking
customer engagement to trust and word-ofmouth
on
brand
communities:
An
empirical
study. Journal of Internet
Commerce, Vol 15, No 1, page 40-58.
Dharma, Surya. (2020). Praktikum Analisis
Statistik Dengan Stata 12 Jilid 2. Bogor:
In Media.